Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Di Merdeka Cafe Nganjuk)

Nasikah, Duratun (2019) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Di Merdeka Cafe Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931325915_PRABAB.pdf

Download (390kB)
[img] Text
931325915_BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
931325915_BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
931325915_BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
931325915_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
931325915_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
931325915_BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
931325915_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
931325915_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran merupakan sebuah cara pengenalan produk kepada masyarakat guna pencapaian tujuan dari usaha, konsep pemasaran yang baik bukan hanya pencapaian tujuan duniawi semata namun juga dapat menunjang kemaslahatan manusia, hal ini terdapat di dalam konsep marketing syariah. Usaha merdeka cafe Nganjuk merupakan usaha cafe yang berdiri pada tahun 2011, strategi pemasaran menggunakan media sosial instagram sangat dimanfaatkan oleh merdeka cafe terlihat pada akun instagramnya yang semakin hari semakin meningkat followersnya. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat tidak banyak usaha lain belum lama berdiri sudah mampu memasarkan produknya dengan cepat dan luas, ditinjau dari marketing syariah apakah strategi pemasaran sudah sesuai. Dengan demikian yang menjadi fokus masalah yang dapat diambil adalah bagaimana strategi pemasaran melalui media sosial instagram yang dilakukan merdeka cafe ditinjau dari marketing syariah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan, sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian, strategi pemasaran merdeka cafe milik ibu Ayu di Nganjuk dengan menggunakan media sosial instagram yang sangat dimanfaatkan oleh merdeka cafe terlihat pada akun instagram @cafe_merdeka. Sedangkan ditinjau dari marketing syariah usaha merdeka cafe ini belum sepenuhnya menerapkan karakteristik marketing syariah yang meliputi teitis (nilai ketuhanan), etis (etika), realistis (fleksibel), dan humanitis (universal) karena dalam melaksanakan pemasaran diskon yang diberikan tidak sesuai dengan yang ada. Untuk hal seperti etika syariah marketing dalam mengelola suatu bisnis sudah sesuai dengan marketing syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:20
Last Modified: 22 Oct 2020 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item