MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN8 KABUPATEN KEDIRI

RAMADHANI, BEAUTY FITHRI (2018) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN8 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103414_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103414_BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932103414_BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932103414_BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932103414_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
932103414_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932103414_BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932103414_Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Kata Kunci:Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Mutu Pendidikan Bagi setiap lembaga pendidikan,mutu merupakan hal yang utama. Tugas yang sangatpenting dari lembaga pendidikan adalah meningkatkan mutu. Pendidik merupakan komponen yang dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan yang bermutu. Pendidik merupakan salah satu penentu keberhasilan pendidikan serta merupakan sumberdaya manusia yang mampu mendayagunakan faktor- faktor lainnya sehingga menjadi penentu mutu pendidikan. Sumberdaya pendidik harus dikelola dengan baik agar mudah mencapai tujuan pendidikan,sehingga manajemen sangatlah penting dalam lembaga pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu manajemen sumberdaya pendidik yang berfungsi sebagai pengatur dan pengelola pendidikan,sehingga dihasilkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.Olehkarena itu,rumusan yang harus dijawab adalah 1) bagaimana proses rekrutmen pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 KabupatenKediri? 2) bagaimana bentuk pemberdayaan pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri? 3) bagaimana evaluasi kinerja pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN8 Kabupaten Kediri. Pada penelitian ini,peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data,peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini dihasilkan tiga temuan:1)Proses rekrutmen diawali dengan menentukan jabatan guru yang kosong. Dilakukan seleksi berkas lamaran yang masuk dibagian tatausaha.Jika berkas lamaran memenuhi syarat,maka dilakukan wawancara dengan calon pendidik. Kemudian pihak madrasah mengadakan musyawarah untuk menentukan calon pendidik yang diterima. 2) Bentuk pemberdayaan yang dilakukan di MTsN8 Kediri yaitu pembinaan secara langsung oleh kepala madrasah mengenai tugas pokok guru dan fungsinya. Selain itu, mengadakan x workshop,diklat,dan MGMP(MusyawarahGuruMataPelajaran). 3) Evaluasi kinerja pendidik yang dilakukan kepala madrasah dengan melihat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, melakukan kunjungan kelas dan berdasarkan penilaian teman sejawat. Selain itu, untuk evaluasi kinerja pendidik juga melalui instrumen PKG(PenilaianKinerjaGuru).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 08 Jul 2020 06:06
Last Modified: 08 Jul 2020 06:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item