Efektivitas Implementasi Metode Usmani Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Anak Usia 5-13 Tahun Di TPQ AL-A’RIF Sumberejo Grogol Kediri

Mahmudah, Siti Yunia (2023) Efektivitas Implementasi Metode Usmani Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Anak Usia 5-13 Tahun Di TPQ AL-A’RIF Sumberejo Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120619_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932120619_bab2.pdf

Download (337kB)
[img] Text
932120619_bab3.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932120619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
932120619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
932120619_bab6.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932120619_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120619_lembarpernyataan.pdf

Download (152kB)

Abstract

Siti Yunia Mahmudah, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan Muhammad Nabhani, M.H. Efektivitas Implementasi Metode Usmani dalam Pembelajaran Al Qur’an Anak Usia 5-13 Tahun di TPQ Al A’rif Sumberejo Grogol Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata kunci: Efektivitas; Metode Usmani; Pembelajaran Al Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pembelajaran Al Qur’an dapat berjalan dengan baik dan berhasil mencapai tujuan yang dicapai jika dijalankan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode Usmani merupakan metode baru dalam pembelajaran baca Al Qur’an yang dinilai lebih mudah dipahami oleh setiap kalangan. Metode Usmani ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan metode membaca Al Qur’an yang lain, yaitu proses pembelajarannya menggunakan talaqqi dan musya>faqah. Dengan menggunakan metode ini santri lebih mudah dan cepat membaca Al Qur’an bertajwid dengan makharij dan sifatul hurf yang benar dan tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi metode Usmani dalam pembelajaran Al Qur’an anak usia 5-13 tahun di TPQ Al A’rif Sumberejo Grogol Kediri dan 2) Menganalisis efektivitas implementasi metode Usmani dalam pembelajaran Al Qur’an anak usia 5-13 tahun di TPQ Al A’rif Sumberejo Grogol Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada Kepala TPQ, Guru pengajar Al Qur’an, dan wali santri TPQ Al A’rif serta observasi di TPQ Al A’rif dan dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan cara perpanjangan masa pengamatan dan observasi, serta triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode Usmani dalam Pembelajaran Al Qur’an anak usia 5-13 tahun di TPQ Al A’rif Sumberejo, meliputi: perencanaan yaitu mempersiapkan guru yang kompeten dalam mengajar Al Qur’an metode Usmani, mengelompokkan santri sesuai jilid, dan menentukan target pembelajaran; pelaksanaan yaitu pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman, ketrampilan, penutup; evaluasi yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid dan 2) Efektivitas implementasi metode Usmani dalam pembelajaran Al Qur’an anak usia 5-13 tahun di TPQ Al A’rif Sumberejo sudah sangat baik dibuktikan dengan ketercapaian pembelajaran Al Qur’an di TPQ Al A’rif yang dilihat dari indikator untuk menyatakan keterlaksanaan metode Usmani dapat dikatakan efektif, yaitu aktivitas santri yang sesuai dengan prosedur pusat; respon santri yang mayoritas mudah dalam menerima materi pembelajaran; hasil belajar santri dengan ikutkannya santri pada TAS (Tashih Akhir Santri) dengan hasil santri lebih mudah dan cepat dalam membaca Al Qur’an bertajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Yunia Mahmuda
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:37
Last Modified: 18 Sep 2023 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item View Item