Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kepribadian Introvert-Ekstrovert

Anggraini, Dwi (2023) Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kepribadian Introvert-Ekstrovert. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300119_prabab.pdf

Download (728kB)
[img] Text
932300119_bab1.pdf

Download (688kB)
[img] Text
932300119_bab2.pdf

Download (545kB)
[img] Text
932300119_bab3.pdf

Download (552kB)
[img] Text
932300119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932300119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
932300119_bab6.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932300119_daftarpustaka.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932300119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
932300119_suratpernyataan.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kepribadian introvert-ekstrovert. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk memperoleh data adalah dengan tes tulis, wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, dan tes kepribadian introvert-ekstrovert yang dikembangkan oleh Eysenck Personality Inventory (EPI). Penelitian dilakukan di kelas VIII MTs Hikmatul Amanah. Soal tes dan tes kepribadian diberikan kepada kelas VIII yang terdiri dari 55 siswa. Setelah diberikan soal HOTS sebagai tes kemampuan komunikasi matematis, dilakukan tes kepribadian introvert-ekstrovert. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan rekomendasi guru dari 55 siswa diambil sebanyak 4 siswa sebagai partisipan yang terdiri dari 2 siswa introvert dan 2 siswa ekstrovert yang kemudian jawaban partisipan dianalisis dan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa introvert pada level menganalisis mampu memenuhi 3 indikator komunikasi matematis. Pada level mengevaluasi tidak semua siswa introvert mampu memenuhi 3 indikator komunikasi matematis. Siswa introvert dalam menjelaskan jawaban lebih tenang, detail dan berhati-hati. Adapun pada level mencipta siswa introvert hanya mampu memenuhi 1 indikator komunikasi matematis. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa ekstrovert pada level menganalisis mampu memenuhi 3 indikator komunikasi matematis. Pada level mengevaluasi hanya mampu memenuhi 2 indikator komunikasi matematis. Adapun pada level mencipta siswa ekstrovert hanya mampu memenuhi 1 indikator komunikasi matematis. Siswa ekstrovert dalam menjelaskan jawaban lebih gupuh dan mudah menyudahi jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dwi Anggraini
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:14
Last Modified: 20 Sep 2023 03:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9959

Actions (login required)

View Item View Item