Qusna, Anisatul (2023) Hubungan Stres Akademik dengan Minat Belajar Pada Anak Binaan Sanggar Genius di Lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933410518_prabab.pdf Download (376kB) |
|
Text
933410518_bab1.pdf Download (308kB) |
|
Text
933410518_bab2.pdf Download (480kB) |
|
Text
933410518_bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
933410518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
Text
933410518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
933410518_bab6&daftar_pustaka.pdf Download (276kB) |
|
Text
933410518_lampiran1.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
933410518_sp.pdf Download (367kB) |
Abstract
Sekolah merupakan suatu masa belajar yang harus dilalui oleh seorang anak, banyak kegiatan belajar dan berbagai tugas sebagai hasil pembelajaran di Sekolah. Maka sebagai seorang siswa diperlukan minat yang besar untuk belajar, karena minat adalah salah satu faktor penunjang dalam suksesnya kegiatan belajar di sekolah. Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus dan disertai dengan rasa senang. Banyaknya tuntutan berprestasi dan tugas-tugas dari sekolah, mengakibatkan adanya stres akademik pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara stres akademik dengan minat belajar pada anak binaan Sanggar Genius di Lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 46 anak di Lembaga Yatim Mandiri. Instrumen yang digunakan adalah skala stres akademik yang mengacu pada teori Sarafino dan Smith dan skala minat belajar yang mengacu pada teori Slameto. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan bantuan SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tingkat stress akademik dalam kategori tinggi dengan persentase 65% (30 anak). (2) Tingkat minat belajar dominan berada pada tingkat sedang dengan persentase 80% (37 anak). (3) Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang tidak signifikan antara stres akademik dengan minat belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,096 dan taraf signifikansi p= 0,525 > 0,050 (P > 0,050). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang tidak signifikan antara stres akademik dengan minat belajar anak binaan Sanggar Genius di Lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri. Artinya semakin tinggi stres akademik, maka semakin rendah minat belajar, dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Anisatul Qusna |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9926 |
Actions (login required)
View Item |