Sari, Yeni Aprilia Astika (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Numerasi Berdasarkan Tipe Kepribadian Disc Di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932303219_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932303219_bab1.pdf Download (556kB) |
|
Text
932303219_bab2.pdf Download (250kB) |
|
Text
932303219_bab3.pdf Download (591kB) |
|
Text
932303219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
932303219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
932303219_bab6.pdf Download (201kB) |
|
Text
932303219_daftarpustaka.pdf Download (433kB) |
|
Text
932303219_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah oleh beberapa faktor salah satunya adalah sikap. Sikap merupakan komponen dari kepribadian. Marston (2019) membagi tipe kepribadian menjadi 4 yaitu Dominance, Influence, Steadiness, Compliance (DISC). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah numerasi kelas XI MAN 4 Kediri berdasarkan tipe kepribadian DISC. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 4 Kediri. Kemudian dipilih 2 siswa yang mewakili setiap tipe kepribadian untuk mejadi partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tes tipe kepribadian DISC, tes pemecahan masalah numerasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe kepribadian dominance secara garis besar melalui 4 langkah kemampuan pemecahan masalah numerasi meskipun terdapat penyelesaian pada soal tertentu yang tidak melalui langkah memeriksa kembali. Tipe kepribadian influence secara garis besar melalui 4 langkah kemampuan pemecahan masalah numerasi. Tipe kepribadian steadiness secara garis besar melalui 4 langkah kemampuan pemecahan masalah dengan baik dan benar hingga menghasilkan hasil yang tepat. Tipe kepribadian compliance secara garis besar melalui 4 langkah kemampuan pemecahan masalah numerasi meskipun terdapat penyelesaian pada soal tertentu yang mendapatkan hasil yang kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Yeni Aprilia Astika Sari |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 01:55 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 01:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9896 |
Actions (login required)
View Item |