Pengembangan Bahan Ajar Pendamping Materi Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

Putri, Armylenia Giovani (2023) Pengembangan Bahan Ajar Pendamping Materi Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932602619_bab1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932602619_bab2.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932602619_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
932602619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932602619_bab5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932602619_daftarpustaka.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932602619_sp.pdf

Download (170kB)

Abstract

Armylenia Giovani Putri, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd, dan Sheila Fakhria, M.H, Pengembangan Bahan Ajar Pendamping Materi Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pancasila, PPkn, Hasil Belajar Untuk menunjang berhasilnya sebuah pembelajaran, pada umumnya pendidik menggunakan buku tematik yang telah disediakan oleh sekolah. Akan tetapi temuan di lapangan peneliti menemukan suatu permasalahan, yaitu ketika pembelajaran PPKn materi Pancasila tema 5 Pengalamanku, mayoritas peserta didik ramai sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah produk bahan ajar pendamping yang dapat digunakan untuk menunjang bahan ajar utama dan diharapkan dapat menarik perhatian peserta didik pada saat proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pengembangan bahan ajar pendamping mareri pancasila pada mata pelajaran PPKn tema 5 Pengalamanku, (2) Menjelaskan kelayakan bahan ajar pendamping pada materi pancasila mata pelajaran PPKn tema 5 Pengalamanku, (3) Menjelaskan peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar pendamping pada peserta didik kelas II di SDN Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mana metode ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan diuji kelayakannya sebelum diujicobakan di lapangan. Adapun hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar pendamping materi Pancasila pada mata pelajaran PPKn tema 5 Pengalamanku adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan bahan ajar pendamping pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). (2) Kelayakan bahan ajar pendamping diperoleh dari hasil validasi angket oleh materi yang memberikan nilai sebesar 100%, selanjutnya hasil validasi dari ahli desain mendapatkan nilai sebesar 89%, serta hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 80%, (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain. Setelah dilakukan uji N-Gain menunjukkan gain sebesar 0,6, sehingga ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar pendamping materi Pancasila pada mata pelajaran PPKn tema 5 Pengalamanku.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Armylenian Giovani Putri
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:20
Last Modified: 04 Sep 2023 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9835

Actions (login required)

View Item View Item