Pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 3A MI Miftahul Falaah Manisrenggo

Alwi, Marzuki (2023) Pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 3A MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932606819_bab1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932606819_bab2.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932606819_bab3.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932606819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
932606819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
932606819_bab6.pdf

Download (111kB)
[img] Text
932606819_daftarpustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932606819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932606819_suratpernyataan.pdf

Download (402kB)

Abstract

Marzuki Alwi. Dosen Pembimbing Agus Miftahus Surur S.Si, M. Pd dan Tutik Dinur Rofiah S.Pd. I, M. Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3A MI Miftahul Falaah Manisrenggo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar Siswa, Bahasa Indonesia Motivasi sangat diperlukan bagi siswa untuk mengundang kemauan siswa dalam hal belajar. Kegiatan ice breaking merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengundang kemauan siswa dalam hal belajar. Tujuan penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui ice breaking memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 3A MI Miftahul Falaah Manisrenggo dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas 3A MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen di mana ada perlakuan (treatment) di dalamnya yang menggunakan desain penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Desain ini digunakan dengan memberikan pre-test sampel sebelum diberikan perlakuan, kemudian setelah diproses atau diberikan perlakuan maka sampel diberikan post-test. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas 3A yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumen. Teknik analisis menggunakan uji paired sample T test dan diperoleh nilai Sig. 0,00< 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada data nilainya. Kemudian ini juga menyatakan bahwa hipotesis Ha diterima, Ho ditolak, yang dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Selanjutnya hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai constant positif 17,838 maka menunjukkan pengaruh positif variabel independent (ice breaking). Bila variabel independent naik atau berpengaruh dalam satu satuan, maka variabel motivasi belajar akan naik atau terpenuhi. Koefisien regresi sebesar X sebesar 0,540 menyatakan bahwa jika ice breaking (X) mengalami kenaikan satu satuan, maka motivasi belajar (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,540 atau 54,0%. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,637 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (ice breaking) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) adalah sebesar 63,7 %. Sedangkan 36,3 % itu dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marzuki Alwi
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:52
Last Modified: 04 Oct 2023 01:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item