Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Kelas 3 Di SD NU Insan Cendekia

Zahra, Ummu Abiha Al (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Kelas 3 Di SD NU Insan Cendekia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932607219_bab1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932607219_bab2.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932607219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932607219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932607219_bab5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
932607219_daftarpustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932607219_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK ZAHRA‟, UMMU ABIHA AL, Dosen Pembimbing DEWI AGUS TRIANI, M. Pd. I dan MAIMUNATUN HABIBAH, M. Pd. I., Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Kelas 3 di SD NU Insan Cendekia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Peserta Didik Hasil belajar peserta didik memiliki peran yang penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas III Muzdalifah di SD NU Insan Cendekia, didapatkan informasi bahwa peserta didik kelas III tersebut memiliki hasil belajar yang cukup rendah. Rendahnya hasil belajar yang dimiliki peserta didik tersebut dikarenakan kurangnya inovasi dari pendidik. Pendidik hanya cenderung menggunakan media buku saja sehingga membuat peserta didik mudah bosan, dan hal itu akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran mistery box sebagai media pendukung saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada tema 7 Perkembangan Teknologi. tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah untuk mengembangkan desain dan menguji kelayakan media pembelajaran mistery box serta mengetahui apakah media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III khususnya di SD NU Insan Cendekia. Jenis penelitian dan pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian para ahli, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi pada media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 4,00 dari rentang skor 3,25 ≤ ≤ 4,00. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 3,73 dari rentang skor 3,25 ≤ ≤ 4,00. Sedangkan hasil validasi ahli soal menunjukkan bahwa soal pada media pembelajaran layak digunakan dalam melaksanakan pre-test dan post-test dengan rata-rata skor 3,90 dari rentang skor 3,25 ≤ ≤ 4,00. (2) hasil uji coba lapangan kelompok kecil menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor 1 dalam kategori kelayakan menyatakan setuju dengan hasil skor dari rentang skor 1, sedangkan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran presentase kelulusan/ketuntasan hasil evaluasi sebelum menggunakan media pembelajaran mistery box (pre-test) secara klasikal sebesar 38,09% dan Presentase kelulusan/ketuntasan hasil evaluasi setelah menggunakan media pembelajaran mistery box (post-test) secara klasikal sebesar 90,4%. (3) dan hasil dari analisis melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai N-Gain sebesar 0,62 yang berarti lebih dari 0,3 sehingga masuk pada klasifikasi Sedang. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD/MI, khususnya di SD NU Insan Cendekia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ummu Abiha Al Zahra'
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:19
Last Modified: 31 Aug 2023 07:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item