Fitria, Indah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II Semester Genap Pada Materi Shalat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN Mindugading Tarik Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103219_Prabab.pdf Download (474kB) |
|
Text
932103219_Bab1.pdf Download (137kB) |
|
Text
932103219_Bab2.pdf Download (116kB) |
|
Text
932103219_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text
932103219_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
|
Text
932103219_Bab5.pdf Download (15kB) |
|
Text
932103219_DaftarPustaka.pdf Download (80kB) |
|
Text
932103219_SuratPernyataan.pdf Download (114kB) |
Abstract
Pendidikan agama islam dan budi pekerti adalah salah satu mata pelajaran keagamaan yang ada pada sekolah umum maupun sekolah islam. Mata pelajaran ini ialah mata pelajaran yang penting untuk dipelajari oleh siswa yang beragama islam. Salah satu dari materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah materi shalat. Materi ini mengajarkan tentang bagaimana pelaksanaan shalat beserta bacaannya. Materi ini wajib dipelajari karena materi ini ialah sebagian dari rukun islam. Pada materi ini dibutuhkan pengembangan yang salah satunya berupa video pembelajaran animasi. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran video animasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi shalat. Pembelajaran dengan video animasi diharapkan membuat siswa lebih tertarik karena mereka sangat tertantang dalam belajar dan menjawab dari pertanyaan yang disiapkan guru mata pelajaran. Secara tidak langsung, hal tersebut menuntut daya pikir siswa yang lebih aktif dan terarah dalam berdiskusi serta lebih teliti dalam belajar. Pengembangan pada materi ini ialah mendukung siswa dan guru dalam menjalankan program pengembangan IT dan Abad ke-21. Dari pengembangan bahan ajar ini, diharapkan siswa lebih antusias dalam belajar menggunakan media, dibandingkan dengan pembrlajaran sehari-hari. Dapat dilihat dari hasil validasi, media ini cocok untuk diterapkan pada siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Reserch and Development dan pendekatan berupa ADDIE dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini mendapatkan presentase sebesar 85% dari validator ahli materi. Berdasarkan data hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan presentase sebesar 77,2%. Dan berdasarkan data hasil analisis data respon yang dilakukan oleh siswa, mendapatkan presentase sebesar 96,25%. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa video pembelajaran animasi ini telah mendapatkan presentase sebesar 76,15% yang berarti layak digunakan. Sehingga pembelajaran menggunakan media video animasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi shalat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Depositing User: | Indah Nur Fitria |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9767 |
Actions (login required)
View Item |