Strategi pendidikan akhlak pada punkers (studi kasus di Pondok Tasawuf Underground Ciputat Tangerang Selatan)

Musaddad, Anwar (2023) Strategi pendidikan akhlak pada punkers (studi kasus di Pondok Tasawuf Underground Ciputat Tangerang Selatan). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Pra Bab.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Anak punk memiliki stigma negatif menurut pandangan masyarakat. Mereka dikenal sebagai sampah masyarakat karena dinilai tak memiliki nilai dan hanya menggagu kenyamanan kehidupan jalanan. Hal ini tidak berlaku bagi anak punk Pondok Tasawuf Underground. Mereka berbeda dengan anak punk yang berada di jalan, sebab mereka adalah punk tapi juga menjadi santri. Dibalik kehidupan mereka yang berubah tentu memiliki sosok yang dapat merubah mereka yakni Halim Ambiya sebagai pengasuh pondok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pengasuh yang dapat mendorong anak punk untuk berakhlak mulia serta materi dan kegiatan apa yang relevan dalam mendidik akhlak mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pondok Tasawuf Underground, Ciputat, Tangerang selatan dengan subjek penelitian pengasuh dan santri. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, FGD, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Hubberman yakni; analisis sebelum di lapangan dan analisi selama di lapangan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah analisis dilakukan pengecekan keabasahan data dengan perpanjangan pengamatan, observasi yang diperdalam, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat, analisis kasus negatif, mengguanakan bahan referensi, dan member check. Hasil mengungkapkan bahwa strategi pendidikan akhlak Pondok Tasawuf Underground; persahabatan, menjadi seorang ayah, menjadi guru, dakwah bil-hal, riyadhah, pembiasaan, dan hukumkan. Materi yang diajarkan; baca tulis Al-Qur’an, bahasa Arab, ilmu tauhid, ilmu fikih, ilmu akhlak, ilmu tasawuf, dan sirah an-nabawiyyah. Program dilakukan dengan peta jalan pulang, tadarus Al-Qur’an, salat berjamaah, hafalan, manaqiban, sarkub (santri kuburan), pesantren kilat, dan mengaji kaki di langit.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anwar Musaddad
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:52
Last Modified: 30 Aug 2023 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item View Item