Anas, Atho' Azwar (2015) Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108711-prabab.pdf Download (444kB) |
|
Text
932108711-bab1.pdf Download (230kB) |
|
Text
932108711-bab2.pdf Download (377kB) |
|
Text
932108711-bab3.pdf Download (233kB) |
|
Text
932108711-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
932108711-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
932108711-bab6.pdf Download (167kB) |
|
Text
932108711-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan merupakan titik strategis dalam upaya menciptakan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu pilar pembangunan bagi suatu bangsa melalui pengembangan potensi. Sebagai kepala sekolah proses pendidikan ditingkat mikro, kepala sekolah mempunyai peran strategis untuk mengembangkan mutu pendidikan demi mewujudkan sekolah-sekolah unggul yang diminati masyarakat. Oleh karena itu peneliti mengambil judul Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri Kediri II dengan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia. 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sara Prasarana. 3) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran. 4) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Lulusan. 5) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Negeri Kediri II. Untuk penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, ketegori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap ahir mengadakan pengecekan keabsahan data ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sumber Daya Manusia adalah melakukan analisis pekerjaan, menyusun formasi guru dan pegawai, memberdayakan guru melalui pelatihan dan workshop, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan dengan memberikan kelonggaran dan fleksibelitas bagi guru dan staf yang akan menempuh pendidikan. 2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Sarana prasarana adalah membuat analisis, perencanaan, pengadaan kebutuhan sarana prasarana, menyediakan sarana prasarana yang lengkap untuk proses belajar mengajar, melengkapi sarana prasarana secara bertahap, Pemantauan kinerja dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana. 3) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu Pembelajaran adalah menerapkan perencanaan dengan melakukan analisis materi pembelajaran, penyusunan kalender pendidikan dan penyusunan prota promes, melengkapi perangkat pembelajaran, Mendorong upaya kreatif dalam proses pembelajaran dengan mengolaborasikan sumbersumber belajar, melaksanakan supervisi pembelajaran. 4) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu lulusan adalah adanya bimbingan yang dilaksanakan pada jam di luar jam belajar sekolah, Adanya motivasi pada peserta didik dalam meningkatkan prestasinya. 5) faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan adalah: faktor pendukung: Adanya kebersamaan warga sekolah dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar, adanya sarana prasarana yang menunjang, kuantitas dan kualitas guru. Faktor penghambat: kemampuan siswa berbeda-beda, kurangnya peran serta masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 07:05 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 07:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/971 |
Actions (login required)
View Item |