Implementasi Pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa Di Mts Sunan Gunung Jati Gurah Kediri

Kasanah, Nur (2023) Implementasi Pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa Di Mts Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104219_prabab.pdf

Download (546kB)
[img] Text
932104219_bab1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932104219_bab2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932104219_bab3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932104219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932104219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
932104219_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932104219_daftar_pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
932104219_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
932104219_sp.pdf

Download (356kB)

Abstract

Melihat banyak sekali fenomena yang terjadi sekarang ini yaitu semakin maraknya penyimpangan berbentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh generasi muda yaitu banyak yang radikal, perbedaan faham, maraknya faham yang melenceng dari ajaran Rasulullah, tindak kekerasan, vandalisme, radikalisme,perundungan (bullying) yang dilakukan di sekolah ataupun di masyarakat. Maka moderasi beragama sangat diperlukan dan harus di tanamkan khususnya di sekolah madrasah, MTs Sunan Gunung Jati merupakan sekolah yang mempunyai misi yaitu mensyiarkan ajaran Islam berhaluan Ahlusunnah Wal Jama’ah yaitu lembaga yang mengedepankan pemahaman Aswaja An-Nahdliyah. Disini diterapkan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah salah satunya untuk menambah pemahaman moderasi beragama siswa. Karena Aswaja merupakan salah satu manhaj di NU yang diyakini bisa untuk menjadikan pengikut NU itu memiliki pemikiran yang moderat. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa tujuan dari pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah di MTs Sunan Gunung Jati. 2)Untuk mengetahui apa materi pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah di MTs Sunan Gunung jati. 3) Untuk mengetahui apa metode pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah di MTs Sunan Gunung Jati. 4) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman moderasi beragama siswa di MTs Sunan Gunung Jati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, menggunakan studi lapangan. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, teknik triangulasi data dan menggunakan bahan referensi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Tujuan implementasi pembelajaran Aswaja yaitu untuk mengenalkan serta memperkenalkan nilai-nilai Aswaja lebih spesifik kepada siswa, untuk mempertahankan tradisi-tradsi NU, untuk membentengi para generasi dari pemahaman yang terlalu keras ataupun terlalu moderat. 2) Materi Aswaja yang dipelajari lebih menekankan pada prinsip dasar Aswaja yaitu Tasamuh, Tawazun, Tawasuth, I’tidal, dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. 3) Metode yang digunakan, meliputi: metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. 4) Pemahaman moderasi beragama siswa setelah mempelajari materi Aswaja semakin meningkat, siswa mengetahui dan lebih paham bagaimana cara bersikap moderat, cara menghargai umat beragama dan cara bertoleransi. Mereka semakin rendah hati dan halus dalam bersikap, mereka memahami sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama masing-masing dengan penghormatan terhadap praktik beragama orang lain yang berbeda paham.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUR KASANAH
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:13
Last Modified: 26 Sep 2023 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9708

Actions (login required)

View Item View Item