Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN IV Kampungbaru Nganjuk

Oktafiani, Triya (2021) Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN IV Kampungbaru Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138816_prabab.pdf

Download (576kB)
[img] Text
932138816_bab1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932138816_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932138816_bab3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932138816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
932138816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
932138816_bab6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932138816_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Triya Oktafiani, Dosen Pembimbing Dr. H. Ilham Tohari, SH. M HI dan M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy. Kreativitas Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 4 Kampungbaru Nganjuk, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Salah satu langkah yang diambil oleh SDN 4 Kampungbaru dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Di dalam skripsi ini membahas tentang kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajara siswa mata pelajara Pendidikan Agama Islam di SDN 4 Kampungbaru. Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1)Kreativitas apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar Siswa SDN 4 Kampungbaru Nganjuk 2)Hasil belajar siswa setelah guru menggunakan kreativitasnya dalam proses pembelajran Pendidikan Agama Islam SDN 4 Kampungbaru Nganjuk Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SDN 4 Kampungbaru Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah serta beberapa peserta didik SDN 4 Kampungbaru Kabupaten Nganjuk. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Guru Pendidikan agama islam pada mata pelajaran agama islam di SDN 4 Kampungbaru telah berhasil menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan tingkat keatifan siswa. Guru Pendidikan agama islam SDN 4 Kampungbaru, menggunakan metode ice breaking, diskusi, feed back, presentasi dan mind mapping, serta menggunakan media pembelajaran berupa LCD yang disediakan oleh sekolah. Metode -metode yang digunakan dari guru ini merupakan pengalaman – pengalaman dan pengehauan yang didapat guru dari hasil pelatihan -pelatihan di keorganisasian guru yang pernah guru ikuti. Dan juga berasal dari media media yang ditonton oleh guru Pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Hasil belajar siswa SDN 4 Kampungbaru pada mata pelajaran Pendidikan agama telah berhasil meningkat setelah guru menerapkan kreatifitasnya yang berupa metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik. Dilihat dari nilai ulangan hari pada materi yang diajarkan, terlihat nilai siswa meningkat diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sebelumnya ada dibawah KKM. Selain meningkatnya hasil atau nilai ulangan harian siswa, dari metode dan media yang digunakan oleh guru, guru juga dapat meningkatkan aspek afektif , kognitif, dan psikomotik siswa. Dalam aspek - aspek ini, dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan siswa dengan dibuktikan cakapnya menjawab pertanyaan langsung dari guru. Selain itu siswa juga dapat membuat sebuah karya peta konsep yang berasal dari imajinasinya kelompokya sendiri. Selain itu, siswa juga mempunyai semangat belajar yang tinggi setelah guru menerapkan kreativitasnya

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Triya Oktafiani
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:46
Last Modified: 05 Sep 2023 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9696

Actions (login required)

View Item View Item