Strategi Public Relations Batik Esri Kediri Dalam Meningkatkan Brand Awareness

Anggraini, Shely Retno (2023) Strategi Public Relations Batik Esri Kediri Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933510619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933510619_bab1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
933510619_bab2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
933510619_bab3.pdf

Download (85kB)
[img] Text
933510619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933510619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
933510619_bab6.pdf

Download (41kB)
[img] Text
933510619_daftarpustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
933510619_suratpernyataan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Batik merupakan warisan budaya yang menjadi salah satu ikon Indonesia. Batik Esri merupakan batik pertama yang ada di Kediri dan juga salah satu industri batik yang ada di daerah Kediri, selain Batik Esri ada beberapa industri batik yang berkembang di Kediri. Oleh karena itu suatu perusahaan maupun industri harus menciptakan dan menjaga brand yang kuat di pandangan masyarakat. Public relations pada perusahaan atau industri penting untuk membangun suatu hubungan dengan publik dalam upaya meningkatkan brand awareness di masyarakat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan temuan penelitian. Strategi public relations Batik Esri untuk meningkatkan brand awareness melalui teori bauran public relations Thomas L. Harris yaitu dengan publications atau publikasi dengan menggunakan media sosial, website, dan kartu nama; event atau mengikuti sebuah acara untuk meningkatkan brand awareness; news dengan Batik Esri dijadikan topik berita di sebuah media massa dan majalah online; community involvement atau bergabung dengan kelompok UMKM Kediri, koperasi batikk, dan APBJ; inform or image yaitu memprioritaskan identitas Batik Esri melalui corak dan warna ciri khas dari Batik Esri; lobbying and negotiations yang dilakukan pada konsumen dengan melakukan pelayanan yang ramah, social responsibility melalui kegiatan kemasyarakatan yang ada di sekitar galeri Batik Esri . Dengan berbagai macam strategi public relations yang digunakan oleh Batik Esri memiliki dampak yang positif terhadap brand awareness. Strategi public relations yang dilakukan Batik Esri terbukti meningkatkan brand awareness dilihat dari kenaikan omset yang diperoleh Batik Esri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shely Retno Anggraini
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:24
Last Modified: 21 Aug 2023 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item