Pengembangan Media Peredaran Darah Berbasis 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester I Di MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk

Munafiah, Azizatul Siti (2023) Pengembangan Media Peredaran Darah Berbasis 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester I Di MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606219_Prabab.pdf

Download (747kB)
[img] Text
932606219_Bab1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932606219_bab2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932606219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
932606219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932606219_bab5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932606219_Daftarpustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932606219_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932606219_Lembar Pernyataan.pdf

Download (301kB)

Abstract

Siti Azizatul Munafiah. 2023. Pengembangan Media Peredaran Darah Manusia Berbasis 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Mata Pelajaran Ipa Kelas V Semester Di MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing (1) Dr. Ibrahim Bin Sa’id, M.Si (2) Aulia Rohmwati, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Media, Peredaran Darah, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang penelitian pengembangan media peredaran darah berbasis 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk. Yang dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam sehingga pembelajaran ilmu pengetahuan alam menjadi kurang maksimal terutama pada materi sistem peredaran darah kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringen Nganjuk. Banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami materi sistem peredaran darah sehingga mengakibatkan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itu dengan adanya media peredaran darah berbasis 3 dimensi untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam ini menjadi lebih mudah di pelajari dan dimengerti sehingga pembelajaran ilmu pengetahuan alam yang terkhusus pada materi peredran darah menjadi lebih maksimal yang akibatnya hasil belajar siswa pada materi peredaran darah meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajara siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk memiliki tujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media peredaran darah berbasis 3 dimensi pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk, 2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan media peredaran darah berbasis 3 dimensi materi sistem peredaran darah manusia kelas V MI Da’watl Khoir Kedungringin Nganjuk, 3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media peredaran darah manusia berbasis 3 dimensi kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk. Untuk mencapai hal tersebut, jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian ahli materi dan media, serta angket respon peserta didik. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas V MI Da’watul Khoir Kedungringin Nganjuk pada kelas V-A 22 sebagai kelas eksperimen dan V-B 22 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Diketahui bahwa hasil uji N-Gain terbukti media peredaran darah dapat meningkatkan hasil belajar dengan perolehan nilai pada post test I kelas eksperimen nilai tertinggi 19 siswa kelas kontrol nilai tinggi 3 siswa. Sedangkan pada post test II meningkat kelas eksperimen nilai tertinggi 22 siswa dan kelas kontrol 9 siswa

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Azizatul Munafiah
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:30
Last Modified: 18 Aug 2023 08:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item