Sihab, Muchammad Alfi (2022) Kemampuan berpikir kritis siswa madrasah ibtidaiyah melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932613118_bab1.pdf Download (417kB) |
|
Text
932613118_bab2.pdf Download (686kB) |
|
Text
932613118_bab3.pdf Download (318kB) |
|
Text
932613118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text
932613118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text
932613118_bab6.pdf Download (195kB) |
|
Text
932613118_daftar_pustaka.pdf Download (314kB) |
|
Text
9326133118_prabab.pdf Download (887kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (163kB) |
Abstract
Kemampuan siswa yang diperlukan dalam proses pembelajaran adalah keampuan berkomunikasi, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir kritis itu sendiri adalah suatu tindakan mental untuk memperoleh pengetahua, pemahaman, analisa dan ketrampilan menemukan jalan keluar sesuai tahapannya. Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan bagian dari hasil belajar dalam aspek kognitif. Penggunaan model pembelajaran yang efektif dan menarik dapat mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa itu sendiri. Model pembelajaran berbasis inkuiri memiliki korelasi dalam kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan perkembangan didalam pendidikan. Fokus penelitian ini adalah, pertama bagaimana proses pembelajaran berbasis inkuiri di MI Babul Huda. Kedua bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran inkuiri di MI Babul Huda. Metode penelitian yang dipakai menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif dengan tahapan reduksi data, display data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran inkuiri yaitu siswa mampu mengamati dan merumuskan pertanyaan, siswa mampu memadukan sumber dan membuktikan hasil dari pengamatan, siswa mampu menyusun strategi penyelesaian, siswa mampu menjawab dan menjelaskan terkait apa yang sudah dikerjakan dan siswa mampu membuat kesimpulan. Sedangkan proses pembelajaran inkuiri memiliki proses yaitu guru membuat kelompok diskusi, guru memberikan suatu permasalahan atau percobaan yang akan dikerjakan oleh siswa, guru memberikan bimbingan dalam mengidentifikasi mencari informasi, guru mengarahkan siswa agar siswa menentukan langkah penyelesaiannya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengolah data yang sudah didapat dan mampu menjelaskannya, siswa membuat kesimpulan dari apa yang sudah dikerjakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muchammad Alfi Sihab |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 06:31 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9634 |
Actions (login required)
View Item |