Hafidhah, Su'da Rofifah Nur (2023) Pengembangan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) Beraudio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi "Aksara Jawa" Kelas IV di SDI As Syafi'ah Mojosari Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932603019_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932603019_bab1.pdf Download (359kB) |
|
Text
932603019_bab2.pdf Download (331kB) |
|
Text
932603019_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
932603019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932603019_bab5.pdf Download (193kB) |
|
Text
932603019_daftarpustaka.pdf Download (319kB) |
|
Text
932603019_suratpernyataan.pdf Download (172kB) |
Abstract
Media Pembelajaran merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Ada banyak jenis media pembelajaran salah satunya yaitu media visual. Media berbasis visual yaitu suatu alat bantu dalam penyampaian materi dengan melibatkan indera penglihatan. Maka dari itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran visual yaitu media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran baru yaitu media puzzle aksara Jawa beraudio kelas IV di SDI As Syafi’ah Mojosari, (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk media puzzle aksara Jawa beraudio bagi peserta didik kelas IV SDI As Syafi'ah Mojosari dan (3) Untuk mengetahui keefektifan media puzzle aksara Jawa beraudio bagi peserta didik kelas IV SDI As Syafi'ah Mojosari. Jenis penelitian ini penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang menggunakan lima tahap meliputi analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDI As Syafi'ah dengan subjek penelitian yaitu kelas IV yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah total keseluruhan 40 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli design memperoleh presentase sebesar 80%, dengan kriteria layak, pada tahap ahli media mendapatkan nilai kelayakan 86,6% dengan kriteria sangat layak, pada tahap respon guru (media) mendapatkan nilai kelayakan sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, pada tahap ahli materi memperoleh presentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, tahap terakhir yaitu angket respon guru terhadap (materi) memperoleh presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil angket respon peserta didik kelompok kecil sebesar 95,4% dengan kategori sangat layak, sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 98,4% dengan kategori sangat layak. (3) Hasil Pretest dan posttest kelompok kecil memperoleh nilai 0,85 dengan kategori tinggi atau 85,2% dengan kategori efektif. Sedangkan hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai 0,78 dengan kategori tinggi atau 78,3% dengan kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDI As Syafi'ah Mojosari
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Su'da Rofifah Nur Hafidhah |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:15 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9600 |
Actions (login required)
View Item |