Upaya Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Siswa Di SDN Mojoroto 2 Kediri

Safitri, Silfiya Duwi (2023) Upaya Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Siswa Di SDN Mojoroto 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112119_prabab.pdf

Download (872kB)
[img] Text
932112119_bab1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932112119_bab2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932112119_bab3.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932112119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
932112119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
932112119_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932112119_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932112119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (71kB)

Abstract

SAFITRI, SILFIYA DUWI. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Najahah, M.Ag dan Nurul Ahsin, M.Pd.I. Upaya Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an (BTQ) Siswa Di SDN Mojoroto 2 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata Kunci : Upaya Lembaga Pendidikan, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an, Program BTQ. Agar pemeluk agama Islam memiliki amanat yang dikehendaki oleh Allah, maka Pendidikan Agama Islam perlu dikaji, khususnya Al-Qur’an sebagai kitab umat Islam. Namun, pada zaman sekarang ini sering ditemukan anak-anak atau siswa yang belum bisa Baca Tulis Qur’an. Bahkan data dari Kementerian Agama tahun 2021 menunjukkan bahwa masih banyak siswa sekolah yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Seperti yang diketahui bahwa sekolah sangat berperan dalam meningkatkan pengetahuan siswa, salah satunya yakni memberikan pembelajaran tentang Al-Qur’an. Akan tetapi tidak semua sekolah memberikan upaya khusus untuk menciptakan generasi Qur’ani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya lembaga pendidikan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Qur’an (BTQ) siswa di SDN Mojoroto 2 Kediri, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam program BTQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskripstif berupa ucapan atau tulisan dari perilaku orang-orang yang diamati di SDN Mojoroto 2 Kediri. Sumber data dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru PAI, Ustadzah program BTQ, dan para siswa. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada apa yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman, yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis yakni: 1). Upaya yang dilakukan sekolah dalam program BTQ untuk meningkatkan kemampuan BTQ siswa adalah dengan mendatangkan ustadzah khusus, menggunakan metode Ummi dalam program BTQ, menyediakan jilid bagi siswa, alat peraga bagi ustadzah, serta menentukan target jilid dan hafalan juz’amma yang harus dicapai siswa. 2). Faktor pendukung dalam program BTQ ini adalah antusias siswa yang tinggi, dukungan orang tua, tersedianya sarana prasarana, dan siswa yang lulus ujian akan memperoleh sertifikat dari Ummi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kendala biaya dari orang tua, tidak adanya sanksi tegas dari sekolah bagi anak yang tidak ikut atau bolos program BTQ, lingkungan belajar yang kurang kondusif, serta tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silfiya Duwi Safitri
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:46
Last Modified: 29 Sep 2023 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item