Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik Di SMAN 4 Kota Kediri

Rosyidah, Kholifatur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Peserta Didik Di SMAN 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932108619_bab1.pdf

Download (549kB)
[img] Text
932108619_bab2.pdf

Download (494kB)
[img] Text
932108619_bab3.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932108619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932108619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
932108619_bab6.pdf

Download (300kB)
[img] Text
932108619_daftarpustaka.pdf

Download (371kB)
[img] Text
932108619_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932108619_pernyataanpublikasi.pdf

Download (273kB)

Abstract

Akhlak merupakan pondasi utama dalam pembentukan pribadi manusia. Setiap manusia pasti memiliki akhlak. Ada seseorang yang memiliki akhlak yang baik maupun akhlak yang buruk. Dengan kata lain akhlak itu sangat penting dikarenakan bahwa akhlak ini bisa mempengaruhi baik dan buruknya sikap seseorang. Seperti halnya yang telah dijelaskan dalam agama Islam bahwa akhlak itu akan senantiasa mempengaruhi sikap seseorang dikarenakan akhlak ini merupakan akidah yang harus kita jalani. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing; 2) guru sebagai uswatun hasanah dalam penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik, 3) Untuk mengetahui implikasi dari penanaman nilai-nilai akhlak terhadap peserta didik di SMAN 4 Kota Kediri. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tidak hanya itu, penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Kediri. Sumber data dari penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik kelas X. Selanjutnya dalam teknik pengumpulan data terdapat tiga tahapan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik diimplementasikan melalui pembiasaan kegiatan sholat berjama’ah dan kegiatan keagamaan, 2) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai uswatun hasanah dalam penanaman nilai-nilai akhlak peserta didik ditunjukkan melalui keteladanan dalam berpakaian dan keteladanan dalam berbicara, 3) Implikasi dari penanaman nilai-nilai akhlak terhadap peserta didik adalah peserta didik memiliki jiwa agama yang kuat dan memiliki sikap sopan santun dalam berbicara dan berpakaian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholifatur Rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:11
Last Modified: 11 Aug 2023 06:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item