Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI Di MTS RAUDLATUT THALABAH Ngadiluwih Kediri

Octania, Ravika (2023) Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI Di MTS RAUDLATUT THALABAH Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106119_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932106119_bab1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
932106119_bab2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932106119_bab3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932106119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932106119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932106119_bab6.pdf

Download (961kB)
[img] Text
932106119_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ravika Octania, Dosen Dr. Muhammad Yasin, S.Ag, M.Pd dan Jerhi Wahyu Fernanda, M. Si : Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di MTs Raudlatut Thalabah memakai 2 kurikulum yaitu untuk kelas VII memakai kurikulum merdeka dan untuk kelas VIII dan IX masih memakai K13, tapi untuk penugasan proyek sudah dilakukan diseluruh kelas. Pengajaran mata pelajaran SKI belum dilaksanakan secara optimal dan siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Padahal, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini siswa dituntut aktif, produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam mengikuti aktifitas belajar, tahapan impelementasi kurikulum merdeka yaitu Pembelajaran berbasis proyek, Berfokus pada materi esensial; dan Fleksibilitas guru. Guru juga bertugas sebagai fasilitator. Tetapi, pada kenyataannya dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini siswa dirasa kurang aktif dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ravika Octania
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:03
Last Modified: 21 Aug 2023 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9578

Actions (login required)

View Item View Item