Damayanti, Betty Alfina (2023) Efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri di pesantren pelajar Al-Fath Rejomulyo kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932108119_bab1.pdf Download (702kB) |
|
Text
932108119_bab2.pdf Download (690kB) |
|
Text
932108119_bab3.pdf Download (325kB) |
|
Text
932108119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text
932108119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
932108119_bab6.pdf Download (292kB) |
|
Text
932108119_daftarpustaka.pdf Download (409kB) |
|
Text
932108119_lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Al-Qur’an merupakan pendidikan yang paling utama bagi umat Islam, karena Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam yang sudah tidak ada keraguan lagi di dalamnya. Maka dari itu umat Islam harus mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah. Untuk itu perlu diadakannya pembelajaran Al-Qur'an kepada umat Islam. Dalam proses pembelajaran Al-Qur'an diperlukan sebuah metode. Metode pembelajaran Al-Qur'an di Indonesia sudah berkembang dan sangat beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah metode Ummi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, 2) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi, 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penerapan pembelajaran metode Ummi di pesantren pelajar Al-Fath dilaksanakan pada hari Minggu sampai rabu pada jam 18:30-19:30, materi yang dipelajari yaitu Al-Qur’an, Jilid, Gharib dan tajwid. Ustadzah menerapkan 7 tahapan pembelajaran metode ummi di antaranya yaitu Pembukaan, Apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan penutup metode Ummi. 2) Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran tesebut adalah santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, Gharib, makhorijul huruf dan panjang pendek, kemudian santri sudah bisa sudah lulus ujian tashih dan santi sudah bisa mengikuti sertifikasi dan ang sudah sertifikasi santri bisa eksis dan berperan di masyarakat. 3) faktor yang mendukung terlaksananya pembelajaran Al-Qur’an adalah adanya dukungan lingkungan, kemudian adanya ustadzah yang bermutu dan berkompeten sesuai standar Ummi, sarana dan prasarana yang memadai dan sudah sesuai dengan standar Ummi, dan anggaran dana. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran, adalah kurang disiplin waktu saat pembelajaran, perbedaan dalam memberikan komentar pada pokok bahasan, dan hambatan dari santrinya sendiri yaitu kurang semangat dan kurang fokus saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Betty Alfian Damayanti |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9543 |
Actions (login required)
View Item |