Upaya Pesantren Menumbuhkan Self Control Pada Santri Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri

Ningsari, Ajeng Diah (2023) Upaya Pesantren Menumbuhkan Self Control Pada Santri Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115819_prabab.pdf

Download (689kB)
[img] Text
932115819_bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932115819_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932115819_bab3.pdf

Download (66kB)
[img] Text
932115819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
932115819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
932115819_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932115819_daftar_pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Self control atau kemampuan untuk mengendalikan diri secara sadar menjadi kualitas penting yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Sebagai lembaga pendidikan, pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan self control santri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui self control santri Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. 2) Mengetahui upaya pesantren dalam menumbuhkan self control pada santri di Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di lembaga Pondok Pesantren Sunan Ampel Kota Kediri. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kiai dan santri. Sedangkan untuk analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Self control santri dapat dilihat dari tiga aspek yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, kontrol pengambilan keputusan. 2) Upaya pesantren dalam menumbuhkan self control santri melalui kepemimpinan kiai dengan pendekatan seperti mendidik dan mengasuh anak sendiri, teori kognitif sosial yaitu santri belajar dari pengalaman orang lain, ngaji pendekatan kontekstual dialogis, organisasi kepengurusan yang memberi kebebasan kepada santri untuk memilih bidang kepengerusan sesuai minat, bakat, dan kecenderungannya, serta teori labeling yaitu pengakuan dan penilaian positif kepada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ajeng Diah Ningsari
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:36
Last Modified: 11 Aug 2023 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9539

Actions (login required)

View Item View Item