Muazizah, Nur Rofik (2023) Problematika Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MIN 1 Kabupaten Kediri Tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932603419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932603419_bab1.pdf Download (245kB) |
|
Text
932603419_bab2.pdf Download (221kB) |
|
Text
932603419_bab3.pdf Download (248kB) |
|
Text
932603419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932603419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
932603419_bab6.pdf Download (16kB) |
|
Text
932603419_daftarpustaka.pdf Download (154kB) |
|
Text
932603419_Surat Pernyataan.pdf Download (120kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MIN 1 Kabupaten Kediri Tahun 2022. Problematika AKMI adalah permasalahan yang menghambat proses atau kegiatan evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan AKMI di MIN 1 Kabupaten Kediri Tahun 2022; 2) problematika yang dihadapi madrasah dalam melaksanakan AKMI di MIN 1 Kabupaten Kediri Tahun 2022; dan 3) solusi yang diupayakan madrasah untuk mengatasi problematika AKMI di MIN 1 Kabupaten Kediri Tahun 2022. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian disini menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan AKMI di MIN 1 Kabupaten Kediri dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022, pelaksanaan AKMI diawali dengan persiapan yang dilakukan oleh guru, siswa, sarana dan prasarana dalam menghadapi AKMI; 2) Problematika yang dihadapi madrasah saat pelaksanaan AKMI yaitu peserta tes yang dipilih secara acak oleh kemendikbud, kurangnya semangat siswa, materi literasi dan numerasi tidak sesuai dengan materi di pembelajaran tematik, soal yang sulit dipahami, kurang efektifnya waktu, terjadinya eror sistem, mati lampu, singkronisasi membutuhkan waktu lama; dan 3) Solusi yang diupayakan madarasah dalam menghadapi AKMI yaitu pemberian motivasi, pemberian tambahan nilai, pemberian buku, soal, tambahan waktu khusus untuk persiapan AKMI, pemberian pemahaman cara mengerjakan soal, pendampingan kepada siswa, penyiapan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rofik Muazizah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:55 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9517 |
Actions (login required)
View Item |