Khoridah, Dwi Agustin (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Kemampuan Menalar Pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas 2 MI AL-MA'ARIF 02 Singosari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609519_prabab.pdf Download (904kB) |
|
Text
932609519_bab1.pdf Download (463kB) |
|
Text
932609519_bab2.pdf Download (484kB) |
|
Text
932609519_bab3.pdf Download (605kB) |
|
Text
932609519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
932609519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
932609519_bab6.pdf Download (319kB) |
|
Text
932609519_daftarpustaka.pdf Download (434kB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran sangat penting bagi guru untuk memperhatikan cara yang digunakan untuk menciptakan pembelajaran menjadi lebih kondusif, menyenangkan, dan bermutu bagi siswa. Pembelajaran sebelumnya guru banyak berorientasi dalam pembelajaran di kelas. Penentuan pendekatan pembelajaran diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih optimal. Salah satunya dengan menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat seperti pendekatan pembelajaran saintifik. Pada proses pembelajarannya pendekatan pembelajaran saintifik lebih mengoptimalkan siswa untuk banyak berorientasi, bereksplorasi, dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menalar pada pembelajaran PPKn siswa kelas 2 di MI Al-Ma’arif 02 Singosari, (2) besar pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menalar pada pembelajaran PPKn siswa kelas 2 di MI Al-Ma’arif 02 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 2 MI Al-Ma’arif 02 Singosari dengan jumlah 87 siswa. Dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan random sampling. Pengambilan sampel sebanyak 27 siswa dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan dari pendekatan pembelajaran saintifik dan kemampuan menalar. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest) serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent sampel t-test dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data dan hipotesis yang dilakukan diantaranya: (1) ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menalar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,025 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. (2) terdapat pengaruh sebesar 0,405 atau 40,5% dari pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menalar siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian pendekatan pembelajaran saintifik memiliki pengaruh terhadap kemampuan menalar pada pembelajaran PPKn siswa kelas 2 MI Al-Ma’Arif 02 Singosari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dwi Agustin Khoridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:53 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9506 |
Actions (login required)
View Item |