Tsalsabilla, Ilma Ila (2023) Revitalisasi Pojok Baca Kelas Melalui ‘’Kata Baku’’ (Katalog Baca Aku) Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas 2 Di MI Al Falah Pagu Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932603119_PRA BAB.pdf Download (571kB) |
|
Text
932603119_BAB 1.pdf Download (165kB) |
|
Text
932603119_BAB II.pdf Download (292kB) |
|
Text
932603119_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
932603119_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932603119_BAB V.pdf Download (108kB) |
|
Text
932603119_daftarpustaka.pdf Download (104kB) |
|
Text
932603119_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932603119_sp.pdf Download (186kB) |
Abstract
Ilma Ila Tsalsabilla. Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Maimunatun Habibah, M.Pd.I Revitalisasi Pojok Baca Kelas melalui ‘’Kata Baku’’ (katalog baca aku) untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas 2 Di Mi Al Falah Pagu Wates Kediri. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata kunci : Katalog Baca Aku, Pojok baca kelas, Minat baca Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya minat baca peserta didik dan terbengkalainya pojok baca kelas. Dalam meningkatkan minat membaca didukung dengan adanya media yang dapat meningkatkan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan pojok baca kelas menggunakan media katalog baca aku untuk meningkatkan minat baca peserta didik, (2) Menguji kelayakan media katalog baca aku melalui pojok baca kelas untuk meningkatkan minat baca peserta didik, (3) Menguji keefektifan media katalog baca aku melalui bojok baca kelas untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Tahap penyusunan produk penelitian memakai langkah dari Bog and Gall yang telah disederhanakan peneliti menjadi 9 tahapan yaitu (1) Pengumpulan Data, (2) Desain Produk, (3) validasi ahli, (4) revisi desain, (5) uji coba produk skala terbatas, (6) revisi produk, (7) uji coba produk secara luas, (8) revisi produk, (9) produk masal. Hasil penelitian adalah: (1) Produk katalog baca aku dapat meningkatkan minat baca peserta didik di kelaas II berdasarkan pada peningkatan dari angket sebelum penerapan media dengan rata-rata nilai 36,35 meningkat pada angket sesudah penerapan media dengan rata-rata nilai 86,90 jadi kenaikannya sebanyak 50,55; (2) Produk katalog baca aku yang dihasilkan layak diterapkan pada peserta didik kelas II berdasarkan validasi ahli desain media dengan persentase 80% dengan keriteria “valid”, validasi ahli bahasa 80% dengan kriteria “valid”, dan validasi ahli pustakawan 92% dengan kriteria “sangat valid”. (3) Produk katalog baca aku efektif untuk diterapkan dilihat berdasarkan angket respon peserta didik dengan persentase sebanyak 85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ilma Ila Tsalsabilla |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9503 |
Actions (login required)
View Item |