Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTsN Mojoroto Kediri

Fitriana, Siska (2015) Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTsN Mojoroto Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103111-prabab.pdf

Download (616kB)
[img] Text
932103111-bab1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932103111-bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932103111-bab3.pdf

Download (349kB)
[img] Text
932103111-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
932103111-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
932103111-bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932103111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932103111-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Kepala Madrasah merupakan figur sentral yang memegang peranan kunci dalam suatu lembaga, diharapkan dapat mengelola, mengambil kebijakan, dan sekaligus dapat menindak tegas guru yang tidak disiplin dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik keguruan. Sebab, salah satu faktor internal yang perlu dipertimbangkan dalam upaya meningkatkan kinerja guru adalah disiplin kerja. Semakin tinggi disiplin kerja seseorang, maka akan semakin tinggi pula kinerja orang tersebut. Kedisiplinan juga sering digunakan sebagai barometer untuk mengukur sejauh mana peran kepala madrasah dalam memimpin madrasahnya. Salah satu faktor yang menetukan kedisiplinan guru adalah dengan adanya peran dan upaya Kepala Madrasah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Kedisiplinan Guru di MTsN Mojoroto Kediri? 2) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri? 3) Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena yang ada dilapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara terinci, dan mendalam terhadap individu atau kelompok. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri, yaitu a) kedisiplinan dalam menjalankan tata tertib sekolah; b) kedisiplinan waktu sekolah; c) kedisiplinan dalam berpakaian; d) kedisiplinan dalam beribadah. (2) Faktor-faktor yang mendukung kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri, yaitu a) adanya absensi datang yang dibatasi; b) adanya mesin check clock ; c) kesadaran para guru; d) pembiasaan kepala madrasah. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menghambat kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri, yaitu; a) rumah yang jauh;b) mempunyai banyak anak kecil; c) ekonomi keluarga susah; d) ada masalah keluarga.(3)Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTsN Mojoroto Kediri, yaitu a) Membuat tata tertib dan ketentuan-ketentuan; b) pembiasaan kedisiplinan; c) memberikan sosialisasi;d) memberikan sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Dec 2019 01:29
Last Modified: 18 Dec 2019 01:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item