Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Akhlak Siswa SMK Al Ikhlas Tarokan Kabupaten Kediri

Muhamad Shodikul Amri, Dikul (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Akhlak Siswa SMK Al Ikhlas Tarokan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106418_bab1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932106418_prabab.pdf

Download (671kB)
[img] Text
932106418_bab2.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932106418_bab3.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932106418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
932106418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
932106418_bab6.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932106418_daftar_pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932106418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (90kB)

Abstract

Muhamad Shodikul Amri, Dosen Pembimbing Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag dan Nabil Khasbullah, M.Pd.I. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Smk Al Ikhlas Tarokan Kabupaten Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Pembelajaran, PAI, Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi karena permasalahan yang kompleks dalam pembinaan akhlak siswa disekolah merupakan salah satu tujuan dari peneliti memulai penelitian ini. Karena menjadi pribadi yang baik atau berakhlak karimah tidaklah mudah jika tidak dimulai dari dunia pendidikan. Pembelajaran yang diajarkan dalam bangku pendidikan disekolah sangat berpengaruh pada tingkah laku dan ilmu yang diperoleh saat berada di tengah-tengah masyarakat kelak. Maka dari itu dengan upaya mengembangkan akhlak peserta didik peneliti mengangkat dua fokus penelitian pada skripsi ini. Yang pertama “Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi tentang Akhlak terhadap Siswa SMK Al Ikhlas?” Dan yang kedua “Bagaimana Perkembangan Akhlak Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas ?”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMKS Al Ikhlas Kaliboto Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan (drawing conclusion). Hasil dan pembahasan pada penelitian ini dengan menggunakan teori Noddings yaitu mengadakan kegiatan yang bersifat menyadarkan siswa akan indahnya memiliki akhlak yang baik dan lebih ditekankan lagi pada kegiatan keagamaan seperti contohnya: membiasakan membaca ayat-ayat al Qur’an, membiasakan hafalan surat-surat penting, melaksanakan kegiatan kajian setiap Sabtu Pon, mengadakan ekstrakulikuler Rebana. Sedangkan untuk kegiatan sosial seperti contohnya: Membagikan zakat fitrah kepada warga sekitar, membagikan daging qurban kepada warga sekitar, membersihkan (Ro’an Akbar) di lingkungan luar sekitar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Shodikul Amri
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:03
Last Modified: 02 Aug 2023 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item