Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemberian Everyday Cashback Dalam Jual Beli Online Pada E-Commerce Lazada

Maro'in, Binti (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemberian Everyday Cashback Dalam Jual Beli Online Pada E-Commerce Lazada. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931203916_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931203916_bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
931203916_bab2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
931203916_bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
931203916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
931203916_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
931203916_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
931203916_daftarpustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
931203916_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Binti Maro’in, 2023, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemberian Everyday Cashback Dalam Jual Beli Online Pada E-Commerce Lazada, Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, Pembimbing (I) Dr. Hj. Siti Nurhayati, SHI, M.Hum dan Pembimbing (II) Pandi Rais, M. Pd. Kata Kunci: Ju’alah, Everyday Cashback, Hukum Islam Lazada merupakan salah satu aplikasi jual beli online yang memberikan promo cashback. Promo cashback yang ditawarkan yakni everyday cashback. Everyday cashback sendiri merupakan program baru yang diberikan sebagai penghargaan atas loyalitas pelanggan dengan pemberian cashback hingga 5% sampai dengan Rp. 35.000 untuk produk tertentu, untuk dibelanjakan pada pembelanjaan selanjutnya. Dalam hal ini pengguna tertarik dengan promo everyday cashback tersebut, akan tetapi pada saat akan membuka layanan promo everyday cashback ternyata ada tantangan yang harus dilakukan agar pengguna bisa mendapatkan saldo cashback. Tantangan ini berupa tantangan yang diharuskan untuk berbelanja 1x dalam seminggu, sementara didalam syarat dan ketentuan di e-commerce Lazada tidak menyebutkan adanya tantangan seperti ini. Berdasarkan permasalahan tersebut fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik pemberian everyday cashback dalam jual beli online pada e-commerce Lazada dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemberian everyday cashback dalam jual beli online pada e-commerce Lazada. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang pertama praktik pemberian everyday cashback dalam jual beli online pada e-commerce Lazada tidak sesuai dikarenakan adanya tantangan cashback yang tidak diinformasikan dari pihak Lazada kepada pengguna maupun pemilik toko online pada e-commerce Lazada, yang mengakibatkan pengguna merasa dirugikan karena tidak semua akun pengguna terdapat tantangan seperti ini, serta perolehan cashback akan hangus apabila tidak melakukan tantangan tersebut yakni berbelanja 2x dalam seminggu. Adapun yang menjadi perbedaan e-commerce Lazada dengan e-commerce lainnya yakni pada e-commerce pada Shopee serta Tokopedia tidak terdapat tantangan belanja 2x dalam seminggu. Yang kedua tinjauan hukum Islam terhadap pemberian everyday cashback dalam jual beli online pada e-commerce Lazada ternyata ada rukun jua’alah yang belum terpenuhi yakni mengenai sighat dan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan tidak sahnya suatu akad ju’alah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Binti Maro'in
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:13
Last Modified: 31 Jul 2023 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item