Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin

Amalia, Nur Fitria (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932608419_prabab.pdf

Download (418kB)
[img] Text
932608419_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932608419_BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
932608419_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
932608419_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932608419_BAB V&daftarpustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932608419_sp.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan media pembelajaran cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan keefektifan dari media cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui 1) Pengembangan dari media cerita bergambar, 2) Penerapan dari media cerita bergambar, dan 3) Keefektifan dari media cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin. Kurangnya minat membaca siswa kelas II membuat peneliti mengembangkan media ini dengan maksud untuk meningkatkan minat membaca. Selain itu, pengembangan media ini juga dimaksudkan untuk bisa menjadi buku hiburan siswa kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan atau bisa disebut sebagai Research anda Development (RnD). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Tarbiyatul Mubtadiin yang berjumlah 21 siswa. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur ADDIE. Sedangkan desain uji coba menggunakan dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan instrumen tes berupa Pre-test dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik milik Milles dan Hubberman untuk data kualitatif dan menggunakan Uji-T untuk data kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1) Pengembangan media cerita bergambar disusun berdasarkan tahapan analisis baik analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakter siswa. 2) Penerapan media cerita bergambar dilaksanakan melalui 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dalam pelaksanaannya, terdapat peningkatan hasil rata-rata nilai pada uji coba kecil yaitu dari 48 menjadi 83, dan pada uji coba kelompok besar teradi peningkatan dari 59 menjadi 88, 3) Media cerita bergambar efektif untuk meningkatkan minat membaca siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan menggunakan SPSS yaitu mendapat nilai signifikasi sebesar Sig(2tailed) 0,003 pada uji coba kecil dan Sig(2tailed) 0,000 pada uji coba besar. Nilai signifikasi tersebut kurang dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa implementasi dari media cerita bergambar menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR FITRIA AMALIA
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:12
Last Modified: 11 Aug 2023 07:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9342

Actions (login required)

View Item View Item