Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Kota Kediri Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Di Sekolah

Oktaviani, Iie Mumtaza Dwi (2023) Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Kota Kediri Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Di Sekolah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304619_prabab.pdf

Download (678kB)
[img] Text
932304619_bab1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932304619_bab2.pdf

Download (362kB)
[img] Text
932304619_bab3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932304619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
932304619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
932304619_bab6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932304619_daftarpustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932304619_suratpernyataan.pdf

Download (109kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan berbagai macam budaya di dalamnya. Dalam kegiatan budaya mengandung berbagai hal yang dapat dipelajari peserta didik sebagai bahan belajar baru salah satunya adalah konsep matematika (Maryati & Priatna, 2018). Dengan mempelajari konsep matematika melalui budaya sekitar, siswa secara tidak langsung telah menerapkan etnomatematika. Etnomatematika mengkaji matematika dengan budaya yang kemudian dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Masjid termasuk salah satu budaya bangsa Indonesia. Masjid Agung Kediri disebut dengan Great Mosque of Kediri. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui konsep matematika pada bangunan Masjid Agung Kediri agar dapat diimplementasikan pada pembelajaran matematika berupa LKPD yang berisi soal – soal latihan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Lokasi penelitian berada di Masjid Agung Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi metode. Sedangkan, pengecekan keabsahan temuan penelitian hasil analisis menggunakan kesepakatan antar rater (inter rater reliability). Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat 24 arsitektur pada bangunan Masjid Agung. Berdasarkan hasil analisis bangunan masjid dan kesepakatan antar rater, konsep matematika yang terdapat pada arsitektur bangunan masjid tersebut yaitu konsep bangun datar (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, trapesium), konsep bangun ruang (kubus, balok, limas, bola, tabung), konsep garis dan sudut, konsep transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi), konsep kesebangunan dan kekongruenan. Penemuan tersebut menunjukkan adanya etnomatematika pada Bangunan Masjid Agung Kota Kediri. Dan berdasarkan hasil validasi, LKPD yang dibuat peneliti dapat digunakan sebagai implementasi dari konsep matematika yang terdapat pada Bangunan Masjid Agung Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0105 Mathematical Physics (Fisika Matematika) > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity (Aspek Matematika dari Relativitas Umum)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ile Mumtaza Dwi Oktaviani
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:26
Last Modified: 31 Jul 2023 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item