Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di MI Fathul Huda

Al Amin, Heri (2023) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di MI Fathul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932404819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932404819_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932404819_bab2.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932404819_bab3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932404819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
932404819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
932404819_bab6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
932404819_daftarpustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Heri Perpus.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK HERI AL AMIN : 932404819, Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MI Fathul Huda. Dosen Pembimbing I, Dr. ERWIN INDRIOKO, M.Pd. Pembimbing II, SISKA YULIA WENY, M.Ak : Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran Manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan pembelajaran serta pengendalian kelas secara sistematis. Usaha manajemen kelas mengarah pada penyiapan bahan belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, pengaturan ruang belajar, pengendalian tingkah laku siswa, serta peningkatan prestasi dan nilai siswa. Pelaksanaan manajemen kelas akan mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif, bervariasi, dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah, 1). Bagaimana Perencanaan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas pembelajaran, 2). Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam meningkatkan Efektivitas Pembelajaran, 3). Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran Di MI Fathul Huda. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian deskrptif. Proses pengumpulan data menggunakan metode 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi. Analisis data Menggunakan Model Miles dan Huberman, yaitu 1). Reduksi data, 2). Penyajian data, dan 3). Penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan metode triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah, 1). Perencanaan Manajemen Kelas Di MI Fathul Huda meliputi analisis tujuan dan target manajemen kelas, pengaturan sarana prasarana, perencanaan metode dan media pembelajaran. 2). Pelakasanaan Manajemen Kelas Di MI Fathul Huda yaitu pengorganisasian kelas dengan mengatur tempat belajar dan susana pembelajaran, penerapan guru sebagai leader untuk memotivasi dan memberikan arahan kepada siswa dalam proses belajar, pengendalian tingkah laku siswa dengan pendekatan individu untuk memberikan arahan dan motivasi agar tidak melakukan tingkah laku yang menyimpang dan tidak diinginkan, kegiatan penilaian dan evaluasi sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan manajemen kelas dengan perolehan nilai dan prestasi siswa. 3). Faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran merupakan faktor intern dan ekstern. Kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran materi yang sulit dan jam pelajaran terakhir serta kurangnya sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, namun hak itu dapat di atasi dengan potensi guru dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi dan bijak dalam penggunaan sarana prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heri Al Amien
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:34
Last Modified: 27 Jul 2023 04:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item