Pengembangan Bahan Ajar Buku Bergambar Pada Materi Thaharah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fikih Kelas 1 Di MI Musyawarah Sonorejo Grogol Kediri

Wulandari, Khusnul (2023) Pengembangan Bahan Ajar Buku Bergambar Pada Materi Thaharah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fikih Kelas 1 Di MI Musyawarah Sonorejo Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103919_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
932103919_bab2.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932103919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
932103919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932103919_bab5.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932103919_daftarpustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar yang menarik di sekolah sehingga rasa tertarik peserta didik dalam proses pembelajaran kurang khususnya pada mata pelajaran Fikih. Hal tersebut menjadikan peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Permasalahan ini penting dan dibutuhkan oleh peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku bergambar guna untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Fikih. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengembangkan bahan ajar buku bergambar dan mengetahui apakah buku bergambar tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini dilakukan di MI Musyawarah Sonorejo Grogol Kediri kelas 1 yang berjumlah 14 peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli media, ahli materi, dan angket minat peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk buku bergambar materi “Thaharah”. Uji coba kelayakan ahli media dilakukan sebanyak dua kali. Validasi pertama ahli media terhadap bahan ajar buku bergambar sejumlah 86% dengan kategori sangat layak dan pada validasi kedua mendapatkan nilai persentase 100% dengan kategori sangat layak. 2)Untuk persentase kelayakan ahli materi terhadap bahan ajar buku bergambar sejumlah 100% dengan kategori sangat layak. Pada hasil pretest dan posttest peserta didik, peningkatan minat belajar peserta didik pada kelompok kecil terdapat peningkatan sebesar 42,5%. Uji coba kelompok besar sebelum menggunakan bahan ajar diperoleh skor sebesar 47,76% dengan kriteria penilaian kurang valid, dan setelah menggunakan bahan ajar buku diperoleh skor sebesar 91,87% dengan kriteria valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar buku bergambar minat belajar peserta didik meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan sebesar 43,84%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Wulandari
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:45
Last Modified: 24 Jul 2023 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item