Jati, Anissa Amalia (2023) Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Lingkungan Belajar Dan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137619_prabab.pdf Download (302kB) |
|
Text
932137619_bab1.pdf Download (236kB) |
|
Text
932137619_bab2.pdf Download (268kB) |
|
Text
932137619_bab3.pdf Download (294kB) |
|
Text
932137619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
932137619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
932137619_bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
932137619_daftarpustaka.pdf Download (99kB) |
|
Text
932137619_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Lingkungan belajar pendidikan agama islam merupakan faktor pedukung dalam proses pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar. Selain itu, sumber belajar Pendidikan Agama Islam harus dapat dimanfaatkan dengan baik guna menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar dan sumber belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar. 2) Pengaruh persepsi peserta didik tentang sumber belajar terhadap hasil belajar. 3) Pengaruh persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar dan sumber belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa dan teknik pengambilannya menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang lingkungann belajar, persepsi siswa tentang sumber belajar, dan hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05 dan koefiesien regresi sebesar 6,4%. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang sumber belajar terhadap hasil belajar. Dengan perolehan nilai sig sebesar 0,400 > 0,05 dan thitung 0,845 < ttabel 1,984. 3) Terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar dan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan nilai R sebesar 0,255 dan nilai kontribusi sebesar 6,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anissa Amalia Jati |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:43 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9215 |
Actions (login required)
View Item |