Peran Guru Ke NU-An Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah Di MTsN 6 Kabupaten Kediri

Ferdina, Rika (2023) Peran Guru Ke NU-An Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah Di MTsN 6 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100519_prabab.pdf

Download (844kB)
[img] Text
932100519_bab1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
932100519_bab2.pdf

Download (681kB)
[img] Text
932100519_bab3.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932100519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932100519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
932100519_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932100519_daftar_pustaka.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932100519_sp.pdf

Download (427kB)

Abstract

ABSTRAK RIKA FERDINA, Dosen pembimbing I Dr.Hj. Najahah,M.Ag. Dosen pembimbing II Agus Dwi Santosa,M.Pd.I. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama’ah di MTsN 6 Kabupaten Kediri, FTIK, Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Peran Guru, Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama’ah. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk menggambarkan peran guru NU dalam mananamkan nilai-nilai ahlussunah wal jama’ah di MTsN 6 Kabupaten Kediri 2) untuk mengidentifikasi faktor guru NU dalam membangun nilai-nilai ahlussunah wal jama’ah di MTsN 6 Kabupaten Kediri 3) untuk mengetahui bentuk nilai-nilai Aswaja kepada peserta didik. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan penelitian pada seorang guru yang menjabat sebagai ketua ke PAI an dan wakil ketua ke PAI an. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada setiap informan yang menjadi subjek kajian. Hasil penelitian menunjukkan peran guru ke NU-an dalam menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah kepada siswa berdasarkan empat pilar tersebut yaitu Tawassuth, Tasamuh, dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Dengan adanya pelibatan Ahlussunah Wal Jama’ah guru sebagai inovator dimana peran guru mempunyai ide-ide yang baru dalam menanamkan nilai Ahlussunah Wal Jama’ah agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti toleransi, mempunyai akhlak yang baik, berbuat baik kepada sesama, dan menghormati pendapat orang lain. Faktor pendukung dan penghambat di MTsN 6 Kabupaten Kediri dalam penanaman nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah dapat ditulis pada uraian berikut ini: 1) Guru, faktor ini terbagi menjadi dua, yaitu: kapasitas diri dan pengalamam. 2) Murid, dilihat dari sudut murid, faktor yang mempengaruhinya juga terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. 3) Sekolah, sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempengaruhi pembentukan nilai-nilai kepada murid. 4) Lingkungan Masyarakat, pengaruh masyarakat terhadap lapangan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rika Ferdina
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:27
Last Modified: 31 Jul 2023 04:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item View Item