Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembibitan Buah dan Sayur Jodipati Desa Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri

Nindytarani, Armayang (2022) Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembibitan Buah dan Sayur Jodipati Desa Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931323618_prabab.pdf

Download (763kB)
[img] Text
931323618_bab1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
931323618_bab2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
931323618_bab3.pdf

Download (195kB)
[img] Text
931323618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
931323618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
931323618_bab6.pdf

Download (166kB)
[img] Text
931323618_daftarpustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
931323618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Marketing Mix, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid-19 yang melanda berbagai negara sehingga berdampak pada usaha yang dijalankan oleh masyarakat. Banyak UMKM yang mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu, strategi yang efektif diperlukan untuk bertahan maupun meningkatkan penjualan dalam pengembangan UMKM pada masa pandemi covid-19 sekarang ini. Ada empat unsur dari strategi marketing mix yang efektif untuk digunakan sebagai strategi bertahan maupun meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19 yaitu product, price, place, dan promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix dalam pengembangan UMKM Pembibitan Buah dan Sayur Jodipati untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19 beserta kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi dari owner, karyawan, dan konsumen dari Pembibitan Buah dan Sayur Jodipati, sedangkan data sekunder diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data melalui tiga cara yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1. Pembibitan Buah dan Sayur Jodipati melakukan strategi marketing mix yaitu product, price, place, dan promotion yang efektif di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan penjualannya, dengan menjaga kualitas produk, melayani konsumen dengan baik, produknya beragam dengan banyak penambahan variasi jenis produk dan inovasi, harga yang ditawarkan murah, lokasinya strategis, akses jalannya mudah, fasilitasnya lengkap, lahan pembibitannya bertambah luas, serta menggunakan promosi secara offline dan online. 2. Kelebihan dari produk dan pelayanan yang bagus dapat meningkatkan kepuasan konsumen, produk yang beragam dan ada penambahan varian jenis produk serta inovasi menjadikan konsumen dapat memilih, harga yang murah dapat menarik konsumen untuk membeli, lokasi strategis dan akses jalan mudah serta fasilitas yang lengkap menjadikan konsumen nyaman, lahan pembibitannya bertambah luas dapat memenuhi pesanan tepat waktu, dan penggunaan media sosial untuk promosi menjadikan pelayanan lebih cepat dan mudah. Kekurangannya stok produknya kadang-kadang kosong, harga yang murah memberikan kesan atau anggapan bahwa kualitas barang atau jasa yang ditawarkan juga rendah, tidak menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi dari luar, dan kurang optimal dalam menggunakan media sosial serta belum menggunakan marketplace.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Armayang Nindytarani
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:20
Last Modified: 24 Jul 2023 07:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9208

Actions (login required)

View Item View Item