Shopping Motivation Dalam Meningkatkan Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kaasus Anggota IPPNU Desa Putih Gampengrejo Kediri)

Aflaha, Alvy Zainuna (2022) Shopping Motivation Dalam Meningkatkan Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kaasus Anggota IPPNU Desa Putih Gampengrejo Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931305017_prabab.pdf

Download (884kB)
[img] Text
931305017_bab1.pdf

Download (680kB)
[img] Text
931305017_bab2.pdf

Download (769kB)
[img] Text
931305017_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
931305017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
931305017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
931305017_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
931305017_DaftarPustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
931305017_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Alvy Zainuna Aflaha. Dosen pembimbing Dr. Sulistyowati, S.HI, M.EI dan Dr. Yuliani, MM : Shopping Motivation Dalam Meningkatkan Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee Perspektif Konsumsi Islam ( Studi kasus anggota IPPNU desa Putih Gampengrejo Kediri ). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Shopping Motivation, Impulse Buying, Aplikasi Shopee, Konsumsi Islam. Shopping motivation adalah pertimbangan dan pengaruh-pengaruh yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan pembelian. Dalam suatu pembelian ada perilaku yang disebut dengan impulse buying, yaitu pembelian yang tidak didasari dengan adanya kebutuhan dan biasanya terjadi secara tiba-tiba atau spontan. Hal ini juga didorong karena semakin marak dengan adanya marketplace yang membuat konsumen menjadi lebih mudah untuk berbelanja, sehingga dalam penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menjelaskan bagaimana shopping motivaion dalam meningkatkan impulse buying di applikasi shopee pada anggota IPPNU Desa Putih Gampengrejo Kediri dan menjelaskan bagaimana shopping motivaion dalam meningkatkan impulse buying di applikasi shopee pada anggota IPPNU Desa Putih Gampengrejo Kediri yang ditinjau dari teori konsumsi Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian yaitu perkataan serta tindakan dari narasumber, dan beberapa dokumen sebagai data tambahan. Metode pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa shopping motivation pada anggota IPPNU Desa Putih lebih condong pada motif hedonic karena dilihat dari hasil wawancara dan observasi peneliti bahwa mereka lebih sering membeli barang-barang di shopee yang tidak didasari karena suatu kebutuhan tetapi karena faktor lain yang sesuai dengan dengan teori motif hedonic yaitu adanya perasaan senang atau rasa kesenangan tersendiri dalam diri mereka jika sudah melakukan pembelian dan ketika memliki barang baru terlepas dari manfaat atas barang tersebut. Selain itu seringkali pembelian tersebut terjadi tanpa terencana atau bisa diartikan dengan perilaku impulse buying. Perilaku impulse buying yang terjadi pada anggota IPPNU tergolong pada tipe sugestion impulse (impuls saran) dan pure impulse (impulsif murni). Perilaku shopping motivation dan impulse buying di aplikasi shopee pada anggota IPPNU Desa Putih jika ditinjau dari konsumsi Islam ada beberapa prinsip-prinsip dari konsumsi Islam yang memang belum sesuai yaitu terdapat pada prinsip tidak berlebihan dan prinsip berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Namun ada juga yang sudah sesuai dengan prinsip konsumsi Islam yaitu prinsip konsumsi barang halal serta prinsip konsumsi barang suci.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Alvy Zainuna Aflaha
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:01
Last Modified: 20 Jul 2023 04:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9165

Actions (login required)

View Item View Item