Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas V Di SDN Bawang 3 Kota Kediri

Sholihah, Kharismatus (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas V Di SDN Bawang 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129519_prabab.pdf

Download (845kB)
[img] Text
932129519_bab1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
932129519_bab2.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932129519_bab3.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932129519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
932129519_bab5.pdf

Download (149kB)
[img] Text
932129519_bab6.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932129519_daftar_pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
932129519_suratpernyataan.pdf

Download (123kB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Di era modernisasi yang terus berkembang, tuntutan kecerdasan manusia tidak hanya mengenai kecerdasan intelektualitas. Namun, kecerdasan spiritual juga harus dimiliki seorang anak untuk keseimbangan kehidupanya di masa yang akan datang. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk mengetahui kebenaran, mengenal dan mencintai Tuhan. Dalam agama Islam, dasar kecerdasan spiritual bisa diperoleh dari mempelajari Al-Qur’an. Setiap guru memiliki cupaya yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an,dimana upaya tersebut sangat diperlukan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V di SDN Bawang 3 Kota Kediri, 2) Upaya pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V di SDN Bawang 3 Kota Kediri, 3) ) Upaya pembelajaran di luar kelas yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V di SDN Bawang 3 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Observasi dilakukan kepada subjek penelitian yakni Kepala Sekolah,guru Pendidikan Agama Islam,dan Siswa kelas V di SDN Bawang 3 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kemampuan membaca siswa kelas V di SDN Bawang 3 Kota Kediri adalah bisa dikatakan cukup mampu dan lancar dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid,makharijul huruf.kelancaran/tartil. Namun ada beberapa siswa yang belum memahami. 2) Upaya pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah melakukan pembiasaan memaca surat-suratpendek dan surat yasin sebelum memulai pembelajaran,memberikan penugasan kepada siswa berupa hafalan surat-surat pendek dan menulis surat,menerapkan metode pahala dan hukuman bagi siswa,mengajarkan kepada siswa mengenai manfaat dari membaca dan mempelajari Al-Qur’an. 3) Upaya pembelajaran di luar kelas yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah diadakan ekstra BTQ dengan uapaya membaca Al-Qur’an secara individu bergantian atau estafet,memberikan tugas menghafal surat-surat pendek dan menulis surat-surat atau ayat Al-Qur’an,metode mengajar Usmani dan di bentuk kelompok secara acak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharismatus Sholihah
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:33
Last Modified: 21 Jul 2023 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9147

Actions (login required)

View Item View Item