Fadlillah, Della Nur (2023) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMRI) Berbantuan Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas IV MI Mujahidin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610519_Prabab.pdf Download (483kB) |
|
Text
932610519_bab1.pdf Download (325kB) |
|
Text
932610519_bab2.pdf Download (610kB) |
|
Text
932610519_bab3.pdf Download (569kB) |
|
Text
932610519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
932610519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
932610519_bab6.pdf Download (4kB) |
|
Text
932610519_Daftarpustaka.pdf Download (126kB) |
|
Text
932610519_lembarpublikasi.pdf Download (400kB) |
Abstract
DELLA NUR FADLILLAH, Dosen Pembimbing Choirul Annisa M. Pd. dan Azizah Anggi Maiyanti, S. Si, M.Pd Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbantuan Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas V MI Mujahidin, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata kunci: PMRI, magic box, hasil belajar Kualitas dari belajar mengajar dapat diperoleh melalui kegiatan dalam pembelajaran oleh siswa dan pendidik. Kegiatan atau proses belajar ini sebagai sarana untuk dapat menghafal, mengingat, memahami informasi dan meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang telah diberikan pendidik atau guru untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. salah satu pendekatan yang dapat menjadikan pembelajaran secara nyata adalah pendidikan matematika realistik yang telah disesuaikan dengan konteks Indonesia sehingga menjadi pendekatan PMRI. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PMRI dan keterlaksanaan PMRI berbantuan magic box pada kelas V MI Mujahidin. Sampel penelitian terdiri dari 35 orang siswa ynag dipilih secara acak dari 1 sekolah. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif one group pretest posttest design dengan metode pengumpulan data berupa tes, observasi, dan angket. Variabel yang diamati berupa pengaruh pendekatan matematika realistik indonesia berbantuan magic box terhadap hasil belajar yang di ukur melalui skala yang telah teruji validitasnya. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data deskriptif untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran PMRI dan analisis data infersial untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran PMRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PMRI berbantuan magic box pada hasil belajar siswa, selain itu hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran PMRI meningkat dan dapat mencapai nilai KKM nya. Analisis terdiri dari analisis deskriptif dan analisisis infersial menggunakan pengujian dengan tehnik uji T jenis paired sample T-test. nilai t hitung adalah 15,028 dengan derajat frekuensi 35-1=34. Pada taraf signifkansi 0,05, nilai t tabel ditemukan sebesar 1,690. Oleh karena nilai yang dihitung lebih besar dari ttabel maka hipotesisi nol ditolak dan hipotesisi alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari PMRI pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Mujahidin. Sedangkan dalam analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterlaksanaan PMRI sangat baik diterapkan pada siswa sehingga membantu siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Della Nur Fadlillah |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:21 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9111 |
Actions (login required)
View Item |