Hayatun, Rohana Ilma (2023) Pengembangan BATIK (Buku Pendamping Tematik) Tema 6 Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609919_prabab.pdf Download (540kB) |
|
Text
932609919_bab1.pdf Download (595kB) |
|
Text
932609919_bab2.pdf Download (651kB) |
|
Text
932609919_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
932609919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
Text
932609919_bab5.pdf Download (283kB) |
|
Text
932609919_daftarpustaka.pdf Download (410kB) |
|
Text
932609919_lembarpernyataan.pdf Download (304kB) |
Abstract
ROHANA ILMA HAYATUN, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd, Pengembangan BATIK (Buku Pendamping Tematik) Tema 6 (Cita-Citaku) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan, BATIK, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya buku pendamping dan pemanfaan penggunaan fasilitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran tematik. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengembangan BATIK (Buku Pendamping Tematik) tema 6 (Cita- citaku) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas IV di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri. 2) Untuk mengetahui kelayakan BATIK (Buku Pendamping Tematik) tema 6 (Cita-citaku) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri. 3) Untuk mengetahui keefektifan BATIK (Buku Pendamping Tematik) tema 6 (Cita-citaku) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation ). Penelitian ini melakukan uji coba kelompok kecil berjumlah 5 siswa dan uji coba kelompok besar di SDN Papar 2 Kabupaten Kediri berjumlah 30 siswa kelas IV. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik. 2) Hasil penilaian kelayakan berdasarkan ahli media menyebutkan jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 84 dan persentase kelayakan 93,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dosen ahli materi menyebutkan bahwa skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 80 dan persentase kelayakan 80% dengan kriteria “Layak”. Sedangkan Penilaian dari guru kelas ahli materi menyebutkan bahwa skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 91 dan persentase kelayakan 91% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli bahasa menyebutkan hasil dengan skor 50 dan persentase kelayakan 83,33% dengan kategori “Sangat Layak”. 3) Hasil respon peserta didik sebelum uji coba produk kelompok kecil sebanyak 5 peserta didik mendapatkan jumlah skor 164 dengan persentase 54,67% dalam kategori “Cukup Minat” dalam pembelajaran Tematik. Setelah dilakukan uji coba produk mendapatkan jumlah skor 268 dengan persentase 89,33% dalam kategori “Sangat Minat”. Berdasarkan respon peserta didik sebelum uji coba produk sebanyak 30 peserta didik diperoleh jumlah skor adalah 1039 dengan persentase 57,72% dalamkategori “Cukup Minat” dan setelah dilakukan uji coba produk memperoleh skor 1597 dengan persentase 88,72% dalam kategori “Sangat Minat”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rohana Ilma Hayatun |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
View Item |