Al Fatih, Mochamad Bayu (2019) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Syari’ah Jurusan Ekonomi Syari’ah Angkatan 2016 IAIN Kediri), Ekonomi Syari’ah, Syari’ah, IAIN Kediri, 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931315814-prabab.pdf Download (623kB) |
|
Text
931315814-bab1.pdf Download (289kB) |
|
Text
931315814-bab2.pdf Download (271kB) |
|
Text
931315814-bab3.pdf Download (223kB) |
|
Text
931315814-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
931315814-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
931315814-bab6.pdf Download (62kB) |
|
Text
931315814-daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
Text
931315814-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Persaingan antar pasar industri smartphone di tanah air semakin kompetitif. Membanjirnya produk-produk smartphone di pasaran mempengaruhi minat konsumen yang berdampak pada keputusan pembelian. Bagi konsumen kualitas dan harga menjadi hal utama dalam menentukan pilihan. Dimana kualitas dan harga mampu mewakili perasaan konsumen terhadap manfaat yang akan diterima. Manfaat tersebut mendorong konsumen melakukan pembelian. Sebagai halnya mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri sebagai pengguna smartphone Oppo apakah hal ini disertai dengan pengetahuan mengenai kualitas dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 yang pernah menggunakan atau membeli smartphone Oppo sejumlah 94 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling (sampel jenuh) yaitu dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Sehingga, peneliti mengambil sampel mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri 2016 juga sebanyak 94 orang. Metode pengumpulan data dengan angket serta analisis data statistik. Analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 14,746 + 0,236 X1 + 0,322 X2. Hasil menunjukkan bahwa Harga memiliki pengaruh yang lebih besar daripada kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui bahwa nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,271 atau 27,1%, ini berarti kemampuan variabel bebas (kualitas produk dan harga) menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 27,1% sedangkan sisanya sebesar 72,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain bisa saja muncul dalam mempengaruhi keputusan pembelian yaitu promosi dan lokasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 06:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 06:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/908 |
Actions (login required)
View Item |