تطوير مادة المفردات بالمدخل السياقي لترقية قدرة المفردات في الصف العاشر من المدرسة الثانوية واحد هاشم بانجيل للبنات

Agustin, Dwi Ayu (2023) تطوير مادة المفردات بالمدخل السياقي لترقية قدرة المفردات في الصف العاشر من المدرسة الثانوية واحد هاشم بانجيل للبنات. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932512419_prabab.pdf

Download (645kB)
[img] Text
932512419_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932512419_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932512419_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text
932512419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932512419_bab5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932512419_daftarpustaka.pdf

Download (267kB)
[img] Text
932512419_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Agustin, Dwi Ayu. 2023. Pengembangan Materi Mufrodat Dengan Menggunakan Pendeketan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Siswa Kelas 10 MA KHA. Wahid Hasyim Bangil Untuk Putri. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Arab. IAIN Kediri. Pembimbing 1: Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd dan pembimbing 2: Maziyyatul Muslimah, M.Pd. Kata Kunci: Materi Mufrodat, Kemampuan Mufrodat, Pendekatan Kontekstual Dalam mempelajari bahasa Arab tidak akan terlepas dengan pembelajaran mufrodat. Salah satu sarana yang membantu dalam meguasai mufrodat adalah dengan adanya kamus bantu, khususnya bagi siswa yang baru mempelajari bahasa arab. Di MA KHA.Wahid Hasyim Bangil terdapat permasalahan yaitu kesulitan siswa dalam menguasai mufrodat, karena didalam buku pembelajaran hanya terdapat mufrodat yang jarang digunakan dalam sehari-hari, sehingga ketika siswa akan mengucapkan atau mencari arti kalimat dalam buku pembelajaran merasa kesulitan. Jadi siswa membutuhkan muftodat yang berkaitan dengan pendekatan kontekstual agar memudahkan dalam pembelajaran. Pendekatan kontekstual adalah konsep pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan sekitar siswa, dengan seperti itu dapat memudahkan siswa ketika pembelajaran disekolah, tidak hanya untuk pembelajaran tetapi juga bisa digunakan kegiatan pekan bahasa di MA.KHA.wahid hasyim bangil atau bisa juga digunakan praktik kalam sehari-hari.Rumusan masalah: 1)Bagaimana Pengembangan materi mufrodat dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA KHA. Wahid Hasyim Bangil?.2) Bagaimana kelayakan materi mufrodat yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA KHA.Wahid hasyim Bangil?. Tujuan penelitian: 1) Untuk menghasilkan produk materi mufrodat dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA KHA. Wahid Hasyim Bangil.2)Untuk mengetahui kelayakan materi mufrodat yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA KHA. Wahid Hasyim Bangil.Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pengembangan metode ini menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyz, Design, Development, Impelment, Evaluation. 2) Keefektifan materi mufrodat dengan melihat hasil dari pre-test dan post-test siswa, nilai t yaitu 31,16667 – standart deviation 15,95 Confidence Interval of the Difference 95% dari selisih terendah -37,125 dan selisih teratas -25,208. Hasil (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sesuai dengan dasar paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Pre-Test dan Post-Test. Maka, penggunaan buku materi mufrodat dengan menggunakan pendekatan konte kstual untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa kelas 10 MA KHA Wahid Hasyim yaitu efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dwi Ayu Agustin
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:48
Last Modified: 13 Jul 2023 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item