Mayasari, Ika Putri (2023) Peran Manajemen Humas Dalam Membangun Kerjasama Antara Sekolah Dan Masyarakat Melalui Program Khidmah Masyarakat Di MAS Raudlatul Muta'allimin Babat Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932410619_prabab.pdf Download (344kB) |
|
Text
932410619_bab1.pdf Download (321kB) |
|
Text
932410619_bab2.pdf Download (272kB) |
|
Text
932410619_bab3.pdf Download (162kB) |
|
Text
932410619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
Text
932410619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
932410619_bab6.pdf Download (129kB) |
|
Text
932410619_daftarpustaka.pdf Download (203kB) |
|
Text
932410619_suratpernyataan.pdf Download (403kB) |
Abstract
Peranan manajemen humas cukup besar dalam perkembangan suatu lembaga, karena lembaga tidak bisa berkembang dengan baik tanpa adanya hubungan dengan masyarakat. humas pada lembaga pendidikan memiliki posisi yang penting, humas bertugas untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat terkait program kerja sekolah. Dengan adanya program khidmah masyarakat diharapkan sekolah diharapkan mampu membangun kerjasama dalam bidang sosial dan pendidikan sehingga akan berdampak kepada terjalinnya hubungan baik antara sekolah dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap manajemen humas dalam membangun kerjasama antara sekolah dan masyarakat melalui program khidmah masyarakat di MAS Raudlatul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakahumas, peserta program, dan masyarakat. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan program khidmah masyarakat dilakukan pada awal tahun ajaran dengan pihak internal madrasah dan eksternal. Pada sasaran program terdapat peserta didik kelasa 12 dan masyarakat, semua proses mulai dari perencanaan sampai evaluasi dilakukan kurang lebih selama satu tahun ajaran, tidak ada penentuan khusus dalam wilayah sasaran, anggaran dana bersubsidi sepenuhnya dari madrasah, serta prosedur pengembangan program berupa pemberian modul dan Diklat TPQ. 2). Pelaksanaan program khidmah masyarkat menggunakan bentuk humas Community Relations dilakukan pada bulan Ramadhan selama 2 minggu dan menggunakan teknik humas tatap muka dan observasi dan partisiapsi masyarakat dalam melakukan segala kegiatan pada pelaksanaan program khidmah masyarakat. 3). Evaluasi yang dilakukan pada proses program khidmah masyarakat menggunakan bentuk evaluasi humas kualitatif dengan menggunakan teknik pol pendapat, serta aspek aspek evaluasi terdiri atas aspek kedisiplinan dan kerapian, aspek kecakapan, aspek keterampilan, dan aspek pengetahuan, serta belum terdapat tindak lanjut yang dilakukan pada program khidmah masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ika Putri Mayasari |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:15 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9041 |
Actions (login required)
View Item |