Zubaidah, Fitri Nur (2023) Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Dalam Pembelajaran Di MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932411719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932411719_bab1.pdf Download (493kB) |
|
Text
931411719_bab2.pdf Download (475kB) |
|
Text
932411719_bab3.pdf Download (347kB) |
|
Text
932411719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
|
Text
932411719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
932411719_bab6.pdf Download (159kB) |
|
Text
932411719_daftarpustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
932411719_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
|
Text
932411719_lembarpernyataanpublikasi.pdf Download (241kB) |
Abstract
FITRI NUR ZUBAIDAH : 932411719, Dosen Pembimbing Dr. Erwin Indrioko, M.Pd dan Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si, Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Dalam Pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru, Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepala madrasah telah menerapkan supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran, sehingga dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui teknik-teknik pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri. 2) Mengetahui implementasi supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri. 3) Mengetahui implikasi supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber informasi diambil dari kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan guru. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan kebenaran data atau informasi dari informan atau sumber yang berbeda. Dalam analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru marasah dalam pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri dengan menggunakan teknik individu dan teknik kelompok dengan adanya teknik supervisi dapat meningkatkan profesionalisme guru. 2) Implementasi supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri dengan menerapkan proses perencanaan, proses pelaksanaan dan proses evaluasi dengan adanya proses-proses tersebut dapat memperbaiki kinerja dan kompetensi yang dimiliki guru. 3) Implikasi supervisi akademik dalam upaya peningkatan profesionalisme guru madrasah dalam pembelajaran di MTsN 2 Kota Kediri mempunyai pengaruh yang baik dengan adanya intensitas keterlibatan siswa selama pembelajaran, keluasan dan kedalam materi yang disajikan dan ketersediaan alat peraga dalam proses pembelajaran dengan adanya implikasi supervisi siswa lebih fokus dan mudah memahami pelajaran yang dipraktikkan, dapat meningkatkan keterampilan guru serta mempunyai motivasi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fitri Nur Zubaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9017 |
Actions (login required)
View Item |