Aulia, Astain Kusnul (2023) Kepemimpinan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Yang Unggul Dan Berkarakter Di MI Bustanul Mu'min Nolosuto Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932404719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932404719_bab1.pdf Download (441kB) |
|
Text
932404719_bab2.pdf Download (450kB) |
|
Text
932404719_bab3.pdf Download (432kB) |
|
Text
932404719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text
932404719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
Text
932404719_bab6.pdf Download (124kB) |
|
Text
932404719_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932404719_suratpernyataan.pdf Download (268kB) |
Abstract
Dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter yang baik, kepala madrasah perlu menerapkan dan mengembangkan pendidikan karakter untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter. 2) Pengorganisasian yang dilakukan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter. 3) Pelaksanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter. 4) Evaluasi yang dilakukan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksidata, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan manajerial kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter meliputi 4 hal yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasilnya 1). Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dimulai dengan membuat rancangan perencanaan yang baik untuk mengembangkan pendidikan karakter serta untuk mendukung perencanaan perlu adanya tim dan para staff untuk mendukung perencanaan. 2). Pengorganisasian yang dilakukan kepala madrasah untuk mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter melalui pembagian tugas untuk semua guru sesuai dengan kemampuannya agar guru dan para staff dapat memiliki rasa bertanggung jawab. 3). Pelaksanaan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dan berkarakter sudah berjalan dengan baik yang dilakukan melalui pembiasaan sholat dhuha yang dilakukan sebelum proses pembelajaran. 4). Evaluasi yang dilakukan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang unggul dengan mengadakan rapat disetiap akhir tahun ajaran guna untuk menilai agar kedepannya lebih baik, apabila ada kendala bisa dicari solusi penyelesaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Astain Kusnul Aulia |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9004 |
Actions (login required)
View Item |