Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa Di MTsN 6 Kediri

Fais, Ahmad Aghna (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa Di MTsN 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103619_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932103619_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932103619_bab2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932103619_bab3.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932103619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932103619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
932103619_bab6.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932103619_daftarpustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text
932103619_Suratpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (137kB)

Abstract

FAIS, AHMAD AGHNA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ilham Tohari M.HI dan Mohammad Asy’ari, M.HI, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa Di MTsN 6 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Ibadah Shalat. Sebagian anak yang telah memasuki jenjang sekolah menengah pertama seringkali lalai bahkan meninggalkan kewajibannya dalam melaksanakan ibadah shalat. Padahal di usia mereka kebanyakan telah baligh. Karenanya dalam lingkup pendidikan penting bagi guru memberikan pengawasan, kontrol, serta penanaman kedisiplinan ibadah pada diri anak. Salah satu yang berandil besar dalam hal tersebut adalah guru PAI. Di MTsN 6 Kediri terdapat tim khusus yang mengatur kegiatan keagamaan yang disebut guru PAI. Guru PAI melakukan pembinaan kedisiplinan ibadah siswa, lantaran, kedisiplinan ibadah shalat siswa di MTsN 6 Kediri belum berjalan secara maksimal, dikarenakan perilaku siswa yang kurang mendukung. Seperti ketika waktu shalat tiba, masih dijumpai siswa yang berlambat-lambat datang ke mushola untuk melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah, bahkan sebagian dari mereka justru lebih memilih untuk mengerjakan aktivitas lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MTsN 6 Kediri, untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menigkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MTsN 6 Kediri, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MTsN 6 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di antaranya, guru sebagai pendidik, motivator, teladan, pembimbing, penasehat, pengajar, dan evaluator. Strategi yang dilakukannya yaitu memberikan keteladanan, nasehat, pembiasaan melaksanakan ibadah shalat, serta memberikan hadiah dan hukuman. Faktor yang menghambat di antaranya kurangnya kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga, pengaruh dari teman atau pergaulan, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Adapun faktor yang mendukung adanya kerjasama antar guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Depositing User: Ahmad Aghna Fais
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:32
Last Modified: 10 Jul 2023 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8977

Actions (login required)

View Item View Item