Model Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah SDIT BINA INSANI Kota KEDIRI

Hamiidah, Salsabila Nur (2023) Model Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah SDIT BINA INSANI Kota KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932408019_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932408019_bab1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932408019_bab2.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932408019_bab3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932408019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932408019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932408019_bab6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932408019_daftar pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932408019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
932408019_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (260kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan persaingan yang terjadi antara sekolah negeri maupun swasta semakin hari semakin ketat yang membuat sekolah maupun madrasah untuk lebih kreatif dalam memasarkan jasa pendidikannya. Fenomena menarik terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama saat penerimaan peserta didik baru. Masyarakat seakan sudah mengerti sekolah yang layak untuk menyekolahkan putra/putrinya, bagi mereka kriteria sekolah/madrasah yang memiliki citra yang baik adalah sekolah/madrasah yang berhasil memuaskan para pengguna jasa pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDIT Bina Insani Kota Kediri mengingat lembaga ini memiliki karakter yang unggul dan memiliki citra yang positif di mata masyarakat umum. Adapun tujuan fokus penelitian ini adalah, 1). Mendeskripsikan bagaimana model pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra, 2). Mendeskripsikan bagaimana teknik pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra, dan 3). Mendeskripsikan bagaimana implikasi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah SDIT Bina Insani Kota Kediri.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis model penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data digunakan metode 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi. Analisis data digunakan model Miles & Huberman, yaitu 1). Reduksi data, 2). Penyajian data, dan 3). Penarikan kesimpulan. Pengecekan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1). Model pemasaran jasa pendidikan di SDIT Bina Insani Kota Kediri menggunakan model pemasaran eksternal dengan menyebar brosur, internal dengan melatih dan memotivasi tenaga pendidik dan peserta didik, eksternal dengan adanya interaksi sekolah dengan masyarakat. 2). Teknik pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra dilakukan beberapa teknik yaitu teknik langsung dan tidak langsung. Namun demikian teknik yang efektif di SDIT Bina Insani Kota Kediri adalah dengan menunjukkan bukti kualitas lulusan (output) dan membangun citra kepuasan layanan melalui berita dari mulut ke mulut (word of mouth). 3). Implikasi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah SDIT Bina Insani Kota Kediri yaitu tingginya loyalitas pelanggan pengguna jasa pendidikan, kepercayaan masyarakat semakin kuta, adanya dukungan masyarakat, terjalin kerjasama yang efektif antara sekolah dengan orangtua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salsabila Nur Hamiidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:36
Last Modified: 11 Jul 2023 03:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item