Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik (Studi Kasus SD Plus Rahmat Kota Kediri)

Hidayat, Amelia Putri (2023) Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik (Studi Kasus SD Plus Rahmat Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932407919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932407919_bab1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932407919_bab2.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932407919_bab3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932407919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932407919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
932407919_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932407919_daftarpustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932407919_suratpernyataan.pdf

Download (195kB)

Abstract

AMELIA PUTRI HIDAYAT. Dosen Pembimbing Bapak Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Bapak Puspoko Ponco Ratno, M.T., Strategi Branding dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik (Studi Kasus SD Plus Rahmat Kota Kediri), Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Strategi Branding, Minat, Peserta Didik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) brand image yang diterapkan di SD Plus Rahmat kota Kediri untuk menarik minat pelanggan; 2) brand trust yang diterapkan di SD Plus Rahmat kota Kediri untuk menarik minat pelanggan; 3) brand experience yang diterapkan di SD Plus Rahmat kota Kediri untuk menarik minat pelanggan; dan 4) brand equity yang diterapkan di SD Plus Rahmat kota Kediri untuk menarik minat pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Brand image yang diterapkan di antaranya: a) pemberian pembiasaan budaya yang baik. Budaya tersebut direalisasikan melalui kebiasaan 5S +1J (senyum, salam, sapa, sopan, santun, jabat tangan), muroja’ah pagi, pelafalan asmaul husna, berdoa sebelum melakukan segala kegiatan, sholat berjama’ah, sholat dhuha setiap hari, mengaji, pengadaan kelas baca, jum’at bersih, jum’at berkah, dan pembentukan posko bencana; b) meningkatkan prestasi. SD Plus Rahmat Kota Kediri mempertahankan citra dengan menghasilkan peserta didik dengan segudang prestasi dan memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang unggul juga berkualitas. 2) Brand trust yang diterapkan di antaranya: a) peningkatan mutu pendidikan melalui ujian tambahan sebagai kemampuan dasar dan bekal siswa seperti ujian bahasa inggris, ujian tahfidz, dan ujian komputer guna menghasilkan output yang berbeda dengan sekolah lain; b) SD Plus Rahmat Kota Kediri senantiasa menjaga dan berkonsisten untuk selalu berprestasi. 3) Brand experience yang diterapkan di antaranya: a) selalu melakukan evaluasi kegiatan setiap akhir tahun pelajaran; b) membentuk paguyuban orang tua/wali murid dan komite sekolah dengan pihak sekolah. 4) Brand equity yang diterapkan di antaranya: a) adanya program baru dengan berbagai macam inovasi seperti program rahmat peduli, khotmul qur’an dan imtihan metode ummi, ROMO (Rahmat Olimpiade Menulis Online).; b) adanya keunggulan yang berbeda di setiap tahun, menjadikan SD Plus Rahmat Kota Kediri memiliki nilai jual yang tinggi; c) memanfaatkan tagline sekolah untuk memberikan inspirasi untuk sekolah-sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amelia Putri Hidayat
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:48
Last Modified: 07 Jul 2023 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8959

Actions (login required)

View Item View Item