Mafaza, Awfa Hirzi (2023) Problematika Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Berbasis Pai Dengan Tatap Muka Setelah Masa Pandemi (Studi Kasus di MA Ma’arif NU Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932139819_prabab.pdf Download (909kB) |
|
Text
932139819_bab1.pdf Download (245kB) |
|
Text
932139819_bab2.pdf Download (523kB) |
|
Text
932139819_bab3.pdf Download (239kB) |
|
Text
932139819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
932139819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
932139819_bab6.pdf Download (113kB) |
|
Text
932139819_daftarpustaka.pdf Download (951kB) |
|
Text
932139819_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (187kB) |
Abstract
MAFAZA, AWFA HIRZI, 2023. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BERBASIS PAI DENGAN TATAP MUKA SETELAH MASA PANDEMI (Studi Kasus di MA Ma’arif NU Kota Blitar), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri IAIN Kediri, Dosen pembimbing (1) Dr., Ahmad Taufiq, S.Ag., M.Si. dan dosen pembimbing (2) Muhammad Nabil Khasbullah, S.EI, M.Pd.I. Kata kunci: Problematika, Solusi, Pembelajaran, Tatap Muka, Setelah Masa Pandemi. Dampak setelah pandemi Covid 19 membuat dunia pendidikan di Indonesia mengalami pembenahan total, yang ketika pandemi awalnya belajar dengan dalam jaringan (daring) kembali lagi menjadi pembelajaran tatap muka. Penerapan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka tidak secara instan berlaku, melainkan melalui proses bertahap. Walaupun begitu, penerapan kebijakan tersebut tak lepas dengan adanya problematika pembelajaran yang ada di masing-masing sekolah. Untuk itu, peneliti memilih fokus penelitian meliputi: 1.Bagaimana problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran PAI dengan tatap muka setelah pandemi di MA Maarif Nu Kota Blitar? 2.Bagaimana solusi atas problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran PAI dengan tatap muka setelah masa pandemi di MA Maarif NU Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi terkait dengan fokus penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam kriteria pengecekan keabsaan data yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi sumber,dan ketekunan pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Problematika pembelajaran yang dialami oleh lembaga tersebut meliputi: kesulitan beradaptasi dalam pembelajaran tatap muka, kurangnya antusias belajar peserta didik,terhambatnya penyampaian materi, ketertinggalan materi, dan peserta didik menjadi cenderung mudah bosan.. 2. Solusi yang diterapkan dalam mengatasi problematika pembelajaran tersebut meliputi: Mewajibkan kerjasama dan kekompakan dari berbagai pihak, membuka peluang untuk berkomunikasi dua arah antar tenaga pengajar dan peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran take and give, membuat buku modul yang notabennya lebih ringkas daripada LKS, Pihak sekolah menyediakan dua sesi waktu kegiatan pembelajaran, Penggunaan smart TV yang terhubung dengan jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Awfa Hirzi Mafaza |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:39 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8955 |
Actions (login required)
View Item |