Munir, Misbaqul (2023) Korelasi Tata Tertib Salat Berjamaah Dan Pembelajaran Kitab Safinah Al-Najah Dengan Praktik Salat Peserta Didik SMPI Yambu'ul Qur'an Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134419_prabab.pdf Download (734kB) |
|
Text
932134419_BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text
932134419_BAB II.pdf Download (380kB) |
|
Text
932134419_BAB III.pdf Download (182kB) |
|
Text
932134419_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text
932134419_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
932134419_BAB VI.pdf Download (73kB) |
|
Text
932134419_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK MISBAQUL MUNIR. Dosen pendamping Dr. H. Ali Anwar, M. Ag. dan Nila Lukmatus Syahidah, M. Pd.I “Korelasi Tata Tertib Salat Berjamaah Dan Pembelajaran Kitab Safinah Al-Najah Dengan Praktik Salat Peserta Didik Kelas VII,VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kedir tahun pelajaran 2022/2023. Skipsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbyah, IAIN Kediri. Kata kunci : tata tertib salat berjamaah, pembelajaran kitab safinah al-najah, praktik salat. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya peserta didik yang kurang memperhatikan ketaatan, gerakan dan bacaan dalam salat. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah pertama untuk pengetahui pembiasaan melalui tata tertib salat berjamaah dengan praktik salat peserta didik kelas VII,VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Kedua, untuk mengetahui tingkat pengetahuan dalam mempraktikkan kitab safinah al-najah pada salat peserta didik kelas VII, VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga untuk mengetahui korelasi antara tata tertib salat berjamaah dan pembelajaran kitab safinah al-najah dengan praktik salat peserta didik kelas VII,VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian terdapat 32 peserta didik dan sampelnya terdapat 32 peserta didik dengan mengunakan sampel jenuh karena semua populasi digunakan. Indikator pengumpulan data ini mengunakan tiga buah angket karena terdapat tiga variabel yaitu tata tertib salat berjamaah dan pembelajaran kitab safinah al-najah dengan praktik salat. Untuk uji validitas pada variabel tata tertib salat berjamaah terdapat 13 yang valid, sedangkan untuk pembelajaran kitab safinah al-najah terdapat 14 yang valid dan untuk praktik salat terdapat 14 yang valid dari junlah pertanyaan tiap variabel berjumlah 15. Perolehan dari data tersebut dilakukan dengan uji instrument dengan mengunakan product moment, korelasi ganda dan uji reabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach dangan hasil uji normalitas antara variabel diketahui nilai signifikansi 0,156 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residualnya berdistribusi normal. Sedangkan untuk hasil korelasi antara variabel yaitu (1) Tata tertib salat berjamaah dangan praktik salat peserta didik kelas VII dan VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kediri memperoleh r hitung 0,456 > r tabel 0,349 maka bisa dikatakan berkorelasi dengan derajat korelasi sedang. (2) Pembelajatran kitab safinah al-najah dangan praktik salat peserta didik kelas VII dan VIII SMPI Yambu’ul Qur’an Kediri memperoleh r hitung 0,658 > r tabel 0,349 maka bisa dikatakan berkorelasi dengan derajat korelasi yang kuwat. Hasil uji korelasi ganda antara ketiga variabel diperoleh nilai signifikansi F Change sebesar 0,000 < 0,05, maka bisa dikatakan berkorelasi dan hasil derajat korelasi antara variabelnya diketahui sebesar 0.695, maka bisa dikategorikan korelasi yang kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Misbaqul Munir |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:36 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 06:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8932 |
Actions (login required)
View Item |